Uber Beri Rp 130 Juta Bagi yang Bisa Bobol Aplikasinya

Kamis, 24 Maret 2016 15:00
Uber Beri Rp 130 Juta Bagi yang Bisa Bobol AplikasinyaAplikasi Uber @theverge.com
Untuk menemukan bug atau celah keamanan aplikasi. Uber menyelenggarakan sebuah program tantangan untuk hacker. Layanan transportasi berbasis aplikasi tersebut menawarkan hadiah ratusan juta untuk siapa saja yang berhasil menjebol aplikasinya.

Hacker yang berhasil menjebol sistem keamanan aplikasi Uber dan melaporkannya ke perushaaan dikatakan akan mendapatkan uang kompensasi sesuai tingkat bahaya bug yang ditemukan.

Bug yang dieksploitasi untuk melakukan deface pada laman uber atau membocorkan alamat email pengguna akan diganjar USD 5.000 atau Rp 66 juta.

Sementara untuk yang lebih parah, misalnya bisa digunakan untuk mengambil alih akun pengguna Uber atau bisa menanam program berbahaya di server akan dihadiahi USD 10.000 atau Rp 130 jutaan, demikian dilansir Wired.

Uber dalam postingannya menyediakan sebuah 'rute' atau tempat para hacker bisa menemukan bug. 'Rute' tersebut berisi deskripsi layanan Uber beserta mekanisme dan platform kerja serta bentuk kelemahan yang mungkin ada di dalamnya.

Langkah untuk memperkuat keamanan sebuah sistem dengan memberikan hadiah yang besar memang kerap dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergelut di dunia teknologi informasi.

Sebelum Uber, beberapa perusahaan yang menawarkan hadiah ratusan juta demi mengetahui bug adalah Facebook, Google, hingga Microsoft.
(mks)
Komentar