3 Manfaat Sehat Makan Dengan Tangan

Jum'at, 25 Maret 2016 05:00
3 Manfaat Sehat Makan Dengan TanganIlustrasi makan dengan tangan @hopscotchtheglobe.com
Zaman dulu orang makan langsung menggunakan tangan bahkan sendok hanya digunakan oleh beberapa orang saja terutama para kaum berada atau kaya. Namun semakin berkembangnya zaman, kini sangat jarang orang makan langsung dengan tangan tanpa sendok.

Padahal, dilansir dari Indiatimes, ajaran Ayurvedic mencatat, setiap jari merupakan perpanjangan dari lima elemen. Anak-anak pada usia balita akan mengisap ibu jari karena ini adalah cara alami untuk membantu pencernaan.

Sementara ketika makan langsung dengan tangan, jari dan jempol akan bersama-sama menjaga keseimbangan. Hal ini bahkan dapat mengatasi masalah pencernaan karena ujung jari memiliki sensasi saraf dalam tubuh.

Berikut 3 manfaat sehat makan langsung pakai tangan:

1. Memperbaiki pencernaan

Ketika Anda menyentuh makanan dengan tangan, otak akan memberi sinyal perut jika Anda akan makan. Kebiasaan ini membantu pencernaan lebih baik karena Anda akan fokus pada makanan dan sadar memegang seberapa banyak makanan.

2. Melindungi mulut

Tangan juga dapat bertindak sebagai sensor suhu yang sangat efektif. Ketika Anda menyentuh makanan panas misalnya, hal ini dapat mencegah mulut dari sensasi terbakar.

3. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnalClinical Nutrition menemukan, makan cepat berisiko tinggi mengalami Diabetes tipe 2.

Nah kebiasaan ini akan terkurangi jika Anda mau mencoba menggunakan tangan ketika makan.
(De)
Komentar