Kenali Gejala Flu Burung & Cara Menghindarinya

Kamis, 24 Maret 2016 05:00
Kenali Gejala Flu Burung & Cara Menghindarinyailustrasi ayam @beritagar.id
Tepat 17 Maret kemarin, puluhan unggas di kawasan Cilandak mendadak mati dan dinyatakan terserang virus Avian Influenza atau Flu burung.

Mengingat virus Flu burung ini cukup berbahaya, Menteri Kesehatan mengimbau masyarakat untuk waspada, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Upaya yang dapat dilakukan masyarakat adalah menghindari kontak dengan unggas sakit atau mati mendadak, jaga kebersihan diri dan lingkungan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat," kata Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, dikutip dari viva.co.id.

Perlu diingat gejala terinfeksi Flu Burung yaitu demam atau panas tinggi, batuk dan sakit tenggorokan. Sementara gejala yang perlu diwaspadai adalah, saat demam lebih dari 38 derajat celcius, batuk, sakit tenggorokan, pilek dan juga mempunyai faktor risiko seperti kontak dengan unggas sakit atau mati, mengolah unggas dan produk unggas seperti telur, dan kontak dengan kotoran unggas.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu tahu bahwa virus ini menular melalui udara, kontak dengan makanan, minuman, sentuhan. Namun, virus ini akan mati dalam suhu yang tinggi, untuk itu sebaiknya setiap makanan dimasak matang, dan jangan lupa selalu mencuci tangan dengan antiseptik.
(De)
Komentar