Jumlah Ateis Amerika Meningkat, Makin Tak Percaya Tuhan

Rabu, 23 Maret 2016 14:10
Jumlah Ateis Amerika Meningkat, Makin Tak Percaya TuhanIlustrasi @rt.com

Jumlah orang ateis yang tak percaya akan Tuhan semakin bertambah di Amerika Serikat. Universitas San Diego, baru-baru ini melansir hasil penelitiannya yang mengatakan jumlah orang Amerika yang percaya Tuhan semakin menurun.

Penelitian itu melibatkan 58.893 responden hingga data dari jajak pendapat yang digelar antara 1972 dan 2014.

Hasilnya, ada peningkatan orang ateis dari tahun 1980 hingga 2014. Jumlahnya mencapai dua kali lipat dari sebelumnya. Banyak dari warga Amerika yang tidak pernah berdoa.

Rentang usia yang paling banyak menyumbang orang ateis adalah 18 hingga 29 tahun.

"Dari kebanyakan studi sebelumnya dapat disimpulkan makin sedikit warga Amerika yang ingin terlihat religius di muka umum tapi mereka lebih alim secara pribadi," kata Dr Jean Twenge, kepala peneliti dalam survei ini, dilansir dari Reuters.

"Makin menurunnya praktik ibadah di kalangan muda juga menunjukkan warga milenium adalah generasi paling tidak religius dalam sejarah Amerika."

Dia menyatakan jika Amerika semakin sekuler seiring menurunnya peran agama. Meski demikian, jumlah orang yang percaya kehidupan setelah mati justru meningkat.

"Ini menarik. Makin sedikit orang mempraktikkan agama atau beribadah tapi lebih percaya kehidupan setelah mati," kata dia.

(Nay)
Komentar