Cara Bedakan Charger Asli atau Palsu

Rabu, 23 Maret 2016 07:15
Cara Bedakan Charger Asli atau PalsuCharger ponsel @apple.com
Agar smartphone kesayangan Anda mudah rusak, sebaiknya Anda juga memperhatikan kualitas charger yang digunakan. Menggunakan charger palsu atau abal-abal merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan smartphone rusak dengan mudah.

Lalu masalahnya, bagaimana cara membedakan charger yang palsu atau yang asli jika hendak membeli? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Harga

Tidak sedikit charger palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding charger asli. Hal ini memang sengaja dilakukan untuk menarik pembeli.

Oleh karena itu, membeli charger asli jangan pernah melihat harga yang murah. Bahkan, hal ini tidak berlaku untuk charger smartphone saja. Barang lain yang dijual di bawah harga pasaran kemungkinan besar adalah palsu.

2. Bawa Adapter Charger Asli

Ketika Anda hendak membeli charger baterai, sebaiknya bawa adapter charger baterai yang asli agar Anda mudah dalam membedakannya dari yang palsu.



Samakan bentuk dari port USB yang ada pada adapter. Anda akan menemukan perbedaan yang sangat mencolok jika memperhatikan dengan teliti.



Perbedaan yang paling terlihat biasanya adalah warna adapter, warna tulisan, hingga bentuk colokan (umumnya yang palsu lebih ramping tanpa detil).

3. Kabel USB

Kabel USB yang asli dengan yang palsu biasanya sangat terlihat bedanya. Mulai dari ujung charger yang terhubung dengan smartphone, hingga logo transfer yang juga terdapat pada ujung kabel.



Jika Anda punya waktu, coba kabel USB yang hendak Anda beli untuk mengirimkan file dari komputer atau laptop. Jika kecepatannya lebih jelek, dapat dipastikan charger tersebut palsu.

4. Pastikan Anda beli di toko resmi

Membeli charger smartphone asli yang paling aman adalah di toko resmi. Selain pasti asli, membeli aksesoris smartphone di toko resmi terkadang juga dilengkapi dengan garansi sehingga jika rusak dalam waktu yang cukup singkat bisa ditukar dengan yang baru.
(mks)
Komentar