31 Maret, Aplikasi Facebook Tinggalkan BlackBerry

Selasa, 22 Maret 2016 12:40
31 Maret, Aplikasi Facebook Tinggalkan BlackBerryFacebook di BlackBerry @crackberry.com
Beberapa waktu lalu pengguna BlackBerry dibuat kecewa karena WhatsApp tidak akan lagi memberikan dukungan. Kali ini langkah yang sama juga akan segera dilakukan oleh Facebook.

Facebook mengumumkan akan memberhentikan dukungan terhadap BlackBerry mulai tanggal 31 Maret 2016. Pengguna BlackBerry OS 7.1 dan 10 akan diminta update aplikasi Facebook yang menjadi terakhir kalinya.

Update tersebut nantinya akan menjadikan aplikasi Facebook sebagai launcher situs mobile Facebook. Dengan begitu, pengguna BlackBerry terpaksa harus mengandalkan browser mobile untuk mengakses Facebook.

Pengguna BlackBerry juga kemungkinan besar tak akan bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga karena Facebook telah memutus hubungan API untuk BlackBerry.

API (Aplication Programming Interface) memang sangat dibutuhkan bagi pengembang untuk membuat aplikasi pihak ketiga yang tersambung ke layanan tertentu.

BlackBerry sendiri selama beberapa tahun terakhir telah mengalami penurunan yang sangat signifikan. Bahkan, data yang dirilis Gartner dan Comscore tahun 2015 lalu memperlihatkan pangsa pasar BlackBerry di pasar global tak lebih dari 1 persen.
(mks)
Komentar