6 Cara Mudah Berhemat

Rabu, 23 Maret 2016 09:00
6 Cara Mudah BerhematIlustrasi uang @ndtvimg.com
Mungkin Anda pernah mengalami sendiri belum ada sebulan gaji yang baru saja Anda terima lenyap begitu saja tanpa Anda sadari telah dipergunakan untuk apa saja.

Padahal ada banyak kemungkinan di kemudian hari Anda membutuhkan lumayan banyak uang untuk kebutuhan mendadak. Sementara jika Anda berhutang hal ini justru akan membebani kondisi finansial Anda.

Untuk merubah kebiasaan buruk ini. Ada baiknya jika Anda mencoba untuk hidup lebih hemat dengan menerapkan 6 cara mudah yang telah kami lansir dari Laruno.com berikut:

1. Bawa uang secukupnya

Membawa sedikit uang secara otomatis membatasi pengeluaran Anda dalam berbelanja. Karena semakin sedikit uang yang dibawa, semakin sedikit kapasitas Anda untuk membeli suatu barang.

2. Bawa bekal

Kalau Anda masih tinggal dengan orang tua, untuk urusan makanan masih bisa terjamin. Selain untuk berhemat, membawa bekal makanan juga menjamin kesehatan makanan yang dibawa dan sudah pasti lebih cocok di lidah.

3. Berbagi bekal makanan

Agar tidak bosan dengan bekal makanan yang Anda bawa, Anda bisa mencoba ajak teman membawa bekal juga dan mengajaknya untuk saling berbagi makanan.

4. Membuat daftar belanja

Dengan membuat daftar belanja, Anda akan terfokus pada kebutuhan yang lebih penting dan meminimalisasi keinginan untuk mengonsumsi hal-hal lain yang sifatnya tidak diperlukan.

5. Pilih transportasi murah

Jika Anda terbiasa naik kendaraan bertarif mahal seperti taksi, ubahlah kebiasaan tersebut dengan menaiki kendaraan yang lebih murah seperti ojek atau angkutan umum. Kalau mau lebih hemat lagi, bisa pilih naik bus.

6. Membeli barang diskon

Diskon adalah kabar gembira, karena program ini dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran. Tapi ingat untuk tetap disiplin dan jangan merusak kegiatan berhemat Anda hanya karena berlebihan belanja barang diskon.
(De)
Komentar