Kasus Hina Indonesia, Ahok Anggap Zaskia Gotik Mirip Mr Bean

Senin, 21 Maret 2016 23:45
Kasus Hina Indonesia, Ahok Anggap Zaskia Gotik Mirip Mr BeanAhok - Zaskia Gotik @metrotvnews.com/jpnn.com
Meski sedang sibuk memimpin Jakarta, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih sempat untuk menikmati film Indonesia. Belum lama ini ia menonton film Comic 8: Casino Kings Part 2 dan mengomentari isu terhangat di dunia hiburan. Salah satunya yang paling mencuri perhatian adalah kasus Zaskia Gotik menghina lambang negara Indonesia.

"Menurut saya harus membedakan, ketika seseorang membuat sebuah mainan atau lelucon, sama aja yang nyebarin Pancasila diubah-ubah, Ketuhanan Yang Maha Esa diganti jadi Keuangan Yang Maha Esa. Waktu itu nggak ada yang ribut kok," ujar Ahok di XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (18/3), seperti dikutip Kapanlagi.

Menurut Ahok segala sesuatu memiliki konteks masing-masing, entah itu dalam lingkup bercanda atau sesuatu yang serius. Ahok juga membandingkan kasus Zaskia dengan cara kritis di luar negeri. Misalkan saja di Inggris, Ratu Elizabeth pun dijadikan lawakan oleh Mr. Bean.

"Ya harusnya ditegur aja kalau kita merasa itu suatu pelanggaran. Tapi untuk menghina negara, pernah nonton film Hollywood atau Inggris? Ratu Elizabeth pun dimainin Mr. Bean, diputer di bioskop, sampai ratunya dimainin digaplok-gaplok. Itu mereka nggak pernah menganggap itu menghina kepala negara," tutur Ahok.

Sedangkan untuk kasus Zaskia Shinta ini Ahok menganggap lembaga seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sudah cukup untuk mengurus masalah ini. KPI sendiri diketahui langsung menegur RCTI terkait ucapan Zaskia Gotik di acara Dahsyat tersebut.

"Bisa berdebat. Kalau yang terlalu negarawan, dia akan bilang, nanti anak-anak gimana. Saya kira anak-anak juga ngerti kok. Ya buat batasan dong, kan ada KPI," pungkas Ahok.
(hdk)
Komentar