Alasan Orang Ciuman Dengan Mata Terpejam

Rabu, 23 Maret 2016 08:00
Alasan Orang Ciuman Dengan Mata TerpejamIlustarsi ciuman @locari.jp
Pernahkah Anda terpikirkan kenapa orang selalu memejamkan mata saat berciuman? Ternyata para ilmuwan menemukan alasannya yaitu otak tidak bisa memproses data visual bersamaan dengan sensasi yang datang dari mulut dan telinga.

Dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, Polly Dalton dan Sandra Murphy, psikolog kognitif Royal Holloway dari Universitas London menuliskan bahwa sensasi yang dirasakan dari sentuhan dalam diri seseorang tergantung dari berapa banyak otak mampu menerima hal-hal visual yang terjadi dalam waktu bersamaan.

Jika otak terlalu memfokuskan pada hal-hal visual, makan hal ini akan mengurangi kepekaan tubuh menstimulasi rasa yang lainnya, kata Dalton.

Namun studi ini tidak meneliti secara langsung ketika orang berciuman. Studi ini meminta responden untuk melakukan tugas dengan fokus secara visual sambil mengukur apakah mereka bisa mendeteksi sesuatu yang menyentuh tangan mereka.

Hasilnya semakin mereka melakukan tugas visual yang semakin kompleks, maka kemampuan untuk merasakan sentuhan menjadi hilang.

Terkadang, orang-orang ingin fokus pada sensasi sentuhan dan rabaan ketika menari, ciuman dan bercinta, imbuhnya.

Kesimpulannya penelitian menunjukkan kepada kita bahwa ketika berciuman dengan mata terpejam bertujuan untuk memberikan kesempatan pada tubuh untuk lebih fokus pada hal lainnya.
(De)
Komentar