Kepala Propaganda Tiongkok Minta Bos Facebook Bagi Pengalaman

Senin, 21 Maret 2016 18:00
Kepala Propaganda Tiongkok Minta Bos Facebook Bagi PengalamanMark Zuckerberg @dailysabah.com
Bos Facebook, Mark Zuckerberg belum lama ini bertemu dengan Kepala Propaganda Tiongkok, Liu Yunshan. Keduanya ternyata membahas seputar kebijakan penggunaan internet di sana, dilansir The Guardian, Senin (21/3).

Liu mengatakan kepada Zuck (sapaan akrab Zuckerberg) agar Facebook bersedia berbagi pengalaman dengan perusahaan lokal untuk membantu pengembangan internet yang lebih bermanfaat.



Kedatangan Zuck ke Tiongkok sendiri adalah untuk menghadiri sebuah forum ekonomi, seperti yang dilaporkan media setempat, Xinhua.

Sebelumnya, Tiongkok telah menyerukan pembentukan internet global dalam sistem pemerintahan. Mereka telah mengadakan kerjasama dengan berbagai negara untuk mengatur penggunaan internet.

Facebook adalah salah satu dari sekian banyak media sosial, termasuk Twitter yang dilarang digunakan di Tiongkok. Terkait masalah ini, Zuck harus puas diri karena negara dengan pengguna internet terbesar di dunia (668 juta) tersebut masih menolaknya.

Tiongkok juga telah meningkatkan kendali penggunaan internet sehingga konten yang ditampilkan kepada warga harus melalui lembaga sensor yang sangat ketat.

Liu yang merupakan ketua partai Komunis baru saja melarang warga untuk melintasi batas saat membicarakan pemerintahan. Hal ini dilakukan agar faktor eksternal tidak dapat merusak negara melalui internet.
(mks)
Komentar