3 Penyebab Jerawat Tumbuh di Tempat Yang Sama

Senin, 21 Maret 2016 09:00
3 Penyebab Jerawat Tumbuh di Tempat Yang SamaIlustrasi memencet jerawat @ytimg.com
Jerawat paling dibenci oleh semua orang. Hal ini karena wajah yang ditumbuhi jerawat akan tampak berlubang dan meninggalkan bekas hitam yang pasti mengurangi keindahan tampilan.

Bahkan jerawat kerap kali muncul di tempat yang sama dan berulang-ulang. Direktur Riset Kosmetik dan Klinik Hospital, New York, Amerika Serikat, Joshua Zeichner akhirnya memberi tahukan penyebabnya berikut ini seperti dikutip dari Women's Health (19/3):

1. Memencet jerawat

Jika Anda pernah memencet jerawat, hal tersebut mengakibatkan jerawat tak sepenuhnya sembuh, bahkan membuat jerawat kembali meradang.

"Mungkin itu nampak seperti jerawat yang sama, tapi sebenarnya tidak," tambah Zeichner.

2. Kebiasaan buruk memegang wajah

Jerawat bisa jadi disebabkan oleh ketidakbersihan pada area wajah. Seperti kebiasaan tangan memegang area wajah saat stres atau saat membaca sesuatu.

"Menyentuh wajah berulang kali di area yang sama mendorong kotoran dan minyak masuk ke dalam pori-pori kulit yang nantinya menimbulkan jerawat," terang Zeichner.

3. Menstruasi

Tak sedikit wanita yang menjelang menstruasi akan muncul jerawat di beberapa titik sudut wajahnya. Paling banyak, menurut Zeichner jerawat hadir di sekitar hidung ke bawah.

"Saya tidak tahu persis mengapa hal tersebut terjadi, namun mungkin karena kelenjar minyak di bagian bawah wajah lebih sensitif terhadap perubahan hormon," paparnya.
(De)
Komentar