Arkeolog Temukan 3 Kerangka Misterius di Medan

Sabtu, 19 Maret 2016 17:45
Arkeolog Temukan 3 Kerangka Misterius di MedanKerangka manusia @viva.co.id
Balai Arkeologi Medan bersama dengan tim arkeologi Prancis berhasil menemukan tiga kerangka manusia di Situs Kota Cina di Hamparan Perak, Medan. Situs ini sendiri dipercaya oleh peneliti telah terbentuk sejak abad ke-12.

Peneliti menemukan tiga kerangka yang identitasnya masih misterius itu di kotak ekskavasi yang sama. Mereka menemukan kerangka pertama pada kedalaman 25 cm dengan posisi kepala ke arah utara.

Sebagian peneliti menduga jika kerangka ini merupakan korban kekerasan yang mati dalam usia muda. "Kaki tangannya seperti pernah terikat dan diletakkan di atas kepala," ujar salah satu peneliti Balai, Ketut Wiradnyana.

Kerangka kedua ditemukan di kedalaman 40 cm dengan kondisi yang sudah cukup rusak. Sementara kerangka terakhir ditemukan di kedalaman satu meter dan sudah bercampur dengan air payau.

"Kerangka ini masih dari pinggang ke bawah, masih bagus," lanjutnya.

Ketut dan tim dari Prancis rencananya akan melakukan analisis umur berdasarkan karbon tulang atau spesimen tanah guna mengetahui usia kerangka tersebut. Tim juga akan melakukan analisis DNA untuk mengetahui ras kerangka.

"Penelitian stratigrafi tanah juga akan dilakukan untuk mengetahui kapan kerangka tersebut dikubur," tandasnya.
(mks)
Komentar