Sering Naik Turun Tangga Bikin Awet Muda

Jum'at, 18 Maret 2016 05:00
Sering Naik Turun Tangga Bikin Awet MudaIlustrasi naik tangga @livestrongcdn.com
Meski merasa melelahkan, ternyata naik tangga memiliki banyak manfaat. Menurut menurut studi baru, menaiki tangga tidak hanya membuat sehat secara fisik. Tapi juga berhubungan juga dengan peningkatan kesehatan otak.

"Kampanye 'Ambil Tangga' di lingkungan kantor dan pusat transportasi umum banyak yang sudah esksis," kata pemimpin peneliti Jason Steffener dari Concordia University di Montreal, dikutip dari Indian Express.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging, menunjukkan menggunakan tangga akan membuat seseorang memiliki otak yang lebih muda dari usia mereka. Efek tersebut akan muncul secara fisik sebab otak memberikan pengaruh kepada seluruh tubuh.

Dalam penelitian ini, Steffener dan rekan-penulis menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk memeriksa non-invasif 331 otak orang dewasa yang sehat dengan rentang usia 19-79 tahun.

Kemudian mereka mengukur volume materi abu-abu yang ditemukan dalam otak peserta karena penurunan, yang disebabkan oleh susut saraf dan hilangnya neuron. Ini merupakan bagian yang sangat terlihat dari proses penuaan secara usia.

Selanjutnya para peneliti membandingkan dengan orang-orang yang biasa melakukan kegiatan naik turun tangga. Hasilnya, orang yang menggunakan tangga memiliki otak yang lebih muda.

"Hal ini mendorong karena ini menunjukkan bahwa hal yang sederhana seperti naik tangga memiliki potensi besar sebagai alat intervensi untuk meningkatkan kesehatan otak," kata Steffener.
(De)
Komentar