Amazon Kembangkan Transaksi Selfie

Rabu, 16 Maret 2016 22:30
Amazon Kembangkan Transaksi SelfieIlustrasi @paymentweek.com
Untuk menuju era yang lebih canggih, Amazon kini tengah mengembangkan sistem pembayaran dengan cara selfie. Perusahaan asal AS tersebut telah mengajukan paten untuk proses pembayaran dengan memotret diri sendiri.

Cara pembayaran melalui selfie ini dianggap lebih aman dibanding dengan menggunakan password untuk melakukan pembayaran, dilansir Recode, Rabu (16/3).

"Memasukkan password membuat pengguna untuk menjauh dari teman atau rekan kerja saat memasukkan password. Dalam beberapa situasi, ini bisa menjadi canggung dan memalukan," demikian keterangan Amazon.

Transaksi dengan selfie akan menjadi solusi agar pengguna lebih nyaman menyelesaikan transaksi. Pengguna tidak lagi repot menyimpan atau mengingat sandi mereka hanya untuk transaksi yang bisa dengan cepat dilakukan dengan selfie.

Dalam keterangan paten tersebut, cara pembayaran yang lebih efisien ini bisa berjalan pada ponsel maupun komputer. "Ponsel atau komputer bisa meminta pengguna untuk melakukan tindakan tertentu atau gerak tubuh seperti tersenyum, berkedip, atau memiringkan kepalanya."

Teknologi serupa sebelumnya juga dihadirkan oleh CEO Alibaba, Jack Ma. Selain itu MasterCard juga sudah meluncurkan teknologi pembayaran berbasis foto. Inovasi pembayaran yang baru bernama Hands Free juga sedang diuji coba Google.
(mks)
Komentar