Bahaya Simpan Kentang di Kulkas

Kamis, 17 Maret 2016 05:00
Bahaya Simpan Kentang di KulkasIlustrasi kentang @solutionstalk.com
Kentang adalah salah satu makanan yang bisa disimpan dalam waktu cukup lama. Namun jangan sekali-kali menyimpan kentang di dalam kulkas atau lemari pendingin.

Sebab kentang yang lama disimpan dalam kulkas, zat patinya akan secara perlahan berubah menjadi gula. Jika kentang ini kemudian di olah dengan cara digoreng atau dibakar, maka gula yang ada didalamnya akan bereaksi dan bercampur dengan asparagin asam amino dan menghasilkan zat kimia akrilamida.

Dalam dunia industri, akrilamida biasanya dipakai untuk proses produksi kertas, pewarna serta plastik. Ada pula yang memakai zat tersebut untuk mengolah makanan dalam kemasan. Zat ini kerap dikaitkan dengan timbulnya penyakit kanker.

Kandungan akrilamida pada kentang goreng serta keripik kentang cukup tinggi, bahkan sangat tinggi dibanding makanan lain.

Dilansir dari mirror.co.uk, penelitian yang mengungkap adanya kaitan antara akrilamida dengan kanker memang masih memakai sampel tikus sebagai percobaan. Meski begitu tak ada salahnya jika mengindari penyimpanan kentang dalam kulkas untuk menghindari bahayanya.
(De)
Komentar