Penemu Komet '35P' Caroline Herschel Ultah ke-266 di Google Doodle

Rabu, 16 Maret 2016 10:45
Penemu Komet '35P' Caroline Herschel Ultah ke-266 di Google DoodleCaroline Herschel @stuffmomnevertoldyou.com
Google Doodle tampil berbeda hari ini, Rabu (16/3/2016) dengan keterangan bahwa mereka sedang memperingati ulang tahun Caroline Herschel yang ke-226. Siapa Caroline Herschel?

Caroline Herschel adalah wanita dengan jasa yang sangat besar di bidang astronomi. Astronomi merupakan bidang yang sangat digemari sejak kecil oleh wanita kelahiran 16 Maret 1750 di Hanover, Jerman ini.



Kecintaannya terhadap astronomi juga tak lepas dari kakaknya, Sir William Herschel yang merupakan seorang ilmuwan yang mengabdikan dirinya di bidang astronomi. Nama Caroline Herschel mulai terkenal saat menemukan komet 35P atau Herschel-Rigollet yang berada pada periode orbit 155 tahun pada 21 Desember 1788.

Berkat temuannya ini, Caroline bahkan sampai mendapat penghargaan khusus bagi mereka yang berhasil memberikan kontribusi di bidang astronomi, yakni Golden Medal Royal Astronomical Society pada tahun 1828.

Caroline juga termasuk dalam Anggota Kehormatan Royal Astronomical Society tahun 1835 bersama Mary Somerville yang dalam periode itu berhasil membantu Wilhelm membuat reflecting teleskop bagi dunia.

Tak hanya ahli di bidang astronomi, Caroline juga ahli dalam matematika aljabar. Bahkan ia telah melahirkan rumus perhitungan dan konversi sebagai dasar dalam mengukur jarak astronomi melakukan pengamatan bintang.

Caroline meninggal pada tanggal 9 Januari 1848 di Hanover, Jerman tempat kelahirannya dan meninggalkan penemuan mengagumkan dalam dunia astronomi.
(mks)
Komentar