Ilmuwan Akan 'Bangkitkan' Dinosaurus dari Ayam

Senin, 14 Maret 2016 18:00
Ilmuwan Akan 'Bangkitkan' Dinosaurus dari AyamDinosaurus dan Ayam @mirror.co.uk
Hewan prasejarah Dinosaurus sepertinya akan bangkit kembali. Ilmuwan di Chile mengklaim telah menemukan cara terbaik untuk menghidupkan kembali hewan raksasa itu.

Peneliti mencoba memanipulasi gen ayam modern untuk menginduksi kaki dinosaurus. Bukan tanpa alasan, ayam memiliki tulang betis berbentuk tabung membentang di pergelangan kakinya seperti Dinosaurus.

Tulang betis atau Fibula merupakan tulang bagian luar pada kaki bagian bawah yang saat ini mengkerut jadi lebih pendek seperti burung modern, tak terkecuali ayam. Dulu, burung mempunyai fibula tubular mirip pada dinosaurus.



Dilansir Daily Mail, peneliti mengatakan, "Untuk sekarang, terlihat pertumbuhan (ayam tidak besar) karena terhambat pertumbuhan fibula. Hal itu terjadi, karena tampak ada pergelangan kaki atau yang disebutnya calcaneum."

Meski peneliti sempat bingung karena kerangka bisa saja satu rangkaian dengan fibula, namun mereka tetap berusaha mencoba mengambil unsur ayam tersebut dengan calcaneum dan fibula untuk diterapkan pada dinosaurus.

Ilmuwan mengatakan jika calcaneum sangat mengekspresikan gen yang memungkinkan pertumbuhan di ujung tulang (PTHrP). Dinosaurus disebut mampu dibangkitkan kembali dengan kaki ayam yang serupa dengan telapak kaki hewan purba itu.

Ilmuwan menegaskan, "Percobaan difokuskan pada sifat tunggal, untuk menguji hipotesis tertentu. Kita tidak hanya tahu banyak tentang perkembangan burung, tetapi juga soal transisi dinosaurus-burung yang didokumentasikan dengan baik oleh catatan fosil. Hal ini menyebabkan hipotesis itu dapat dieksplorasi di laboratorium."
(mks)
Komentar