Selamatkan Orang Tersedak Dengan Heimlich Maneuver

Senin, 14 Maret 2016 16:50
Selamatkan Orang Tersedak Dengan Heimlich ManeuverIlustrasi Heimlich maneuver @ooyala.com
Pemberitaan terkait lomba makan sayap ayam yang digelar oleh salah satu restoran cepat saji menewaskan salah seorang peserta hingga kini masih ramai diperbincangkan seperti tidak adanya tenaga medis untuk berjaga dalam perlombaan tersebut.

Ternyata korban yang tewas akibat tersedak sayap ayam ini sebenarnya dapat selamat jika orang disekelilingnya mengerti cara memberikan pertolongan pertama dengan nama Heimlich Maneuver.

Apa itu Heimlich Maneuver? Prosedur yang ditemukan Dr. Henry Heimlich seorang ahli bedah thorax pada tahun 1974 ini adalah memberikan tekanan pada perbatasan perut dan dada seseorang sehingga udara akan menghentak benda asing yang tertelan.

Berikut langkah-langkahnya:

- Memanggil bantuan. Minta orang lain memanggil ambulans atau nomer gawat darurat.

- Tanya apakah dia benar tersedak, jika dia memegangi leher, mengangguk, atau menunjuk nunjuk lehernya perlu diberikan pertolongan segera karena terdapat sumbatan jalan napas.

Memberikan pertolongan Heimlich maneuver @kaskus.co.id

- Berdirilah di belakangnya. Sambil berdiri di belakangnya, kita meminta korban untuk sedikit membungkuk dan merenggangkan kakinya. Mengepal tangan kanan dan bersiap memberi hentakan.

- Memberi hentakan dengan kepalan tangan. Kepalan tangan kanan dikatubkan dengan tangan kiri lalu memberi tekanan pada dua jari di atas pusar. Tekanan diberikan ke atas dan belakang.

- Berikan tekanan sebanyak 5 hitungan lalu tanyakan apakah masih tersedak atau tidak. Prosedur ini diulangi hingga penyumbatnya keluar atau hingga tenaga bantuan tiba.

Hal yang harus dan tidak boleh dilakukan berikut:

- Korban adalah ibu hamil atau obesitas, penekanan dilakukan di dada korban. Hentakan ke belakang dengan hati hati.

- Korban bayi prosedur menggunakan dua metode yaitu mendorong dadanya dan menepuk punggung. Lakukan penekanan 5 kali dengan dua jari pada dada bayi sekitar 1/3 1/2 kedalaman dada lalu diikuti dengan back blows yaitu menepuk punggung bayi juga sebanyak 5 kali.

- Korban yang lebih besar dari penolong dapat ditidurkan di lantai rata dan dilakukan tekanan pada tempat yang sama dengan prosedur biasa.

- Jangan memberikan pertolongan pada korban yang jika ditanya apakah tersedak atau tidak bisa mengeluarkan suara dan batuk dengan keras. Pada korban bayi jangan beri pertolongan apabila menangis kuat atau batuk.

- Lakukan pertolongan hingga sumbatan keluar atau pertolongan datang. Jika korban tidak sadar, baringkan dan lakukan kompresi dada.

Sementara tindakan untuk orang yang sedang mengalami tersedak adalah :

1. Tenang, jangan banyak kontraksi (tegang) di leher
2. Bernapas dengan hidung dan pelan pelan
3. Jika sudah tenang angguk anggukan leher pelan pelan supaya ada upaya dorongan
4. Coba lakukan seperti mau meludah dari mulut (tapi keluar mulut)
(De)
Komentar