Awas Sales Mobil Curang, Tawarkan Hadiah Palsu

Senin, 14 Maret 2016 15:30
Awas Sales Mobil Curang, Tawarkan Hadiah PalsuShowroom Mobil @linkedin.com
Konsumen mobil pasti akan mendapatkan tawaran menarik berupa sejumlah bonus atau hadiah oleh sales ketika hendak melakukan pembelian. Cara ini rupanya cukup ampuh untuk menarik minat calon pembeli sehingga akhirnya membeli sebuah produk mobil.

Namun ternyata, tak semua bonus atau hadiah yang ditawarkan itu mempunyai kebenaran. Sebagian sales nakal kerap membohongi calon pembeli, hal ini dialami oleh seorang manajer salah satu kafe di Depok, Wawan yang kemudian menceritakan kisahnya.

Beberapa bulan lalu Wawan membeli mobil keluarga dari seorang sales. Sebelum membeli, ia diiming-imingi berbagai hadiah, serperti fitur infotainment lengkap dan GPS pada mobil, bahkan ia sampai memberikan down payment Rp 40 juta.

Impian Wawan ternyata tak menjadi kenyataan ketika mobil datang. Dasboard mobil sama sekali tidak ada apa-apanya, berbeda jauh dengan apa yang disepakati sales. Sales pun beralasan jika stok barang hadiah sedang kosong.

Barang yang dijanjikan tak muncul meski Wawan telah menunggunya berbulan-bulan. Wawan yang lapor ke pihak dealer mendapatkan hal yang mengejutkan, yakni pihak dealer tidak pernah menawarkan apa yang dikatakan sang sales, hadiah yang diberikan dealer memang ada, namun hanya kaca film, payung, dan merchandise lainnya.

Salah satu sales dari pabrikan mobil ternama mengatakan jika sales nakal memang marak belakangan ini. Ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah tertarik dengan hadiah yang ditawarkan.

"Ada beberapa dealer yang memberikan standar hadiah yang memang bisa diberikan kepada konsumen secara cuma-cuma. Kaca film dan karpet, serta souvenir termasuk payung itu standar yang biasanya diberikan perusahaan. Itu memang bisa diberikan langsung, tanpa harus negosiasi," ujarnya.

"Untuk beberapa komponen lain seperti talang air, sensor parkir, GPS atau tambahan fitur lainnya itu memang tidak termasuk dalam bonus gratis."

"Tetapi biasanya sales tersebut mungkin bisa saja memberikan bonus-bonus itu jika pembelian dilakukan kredit. Kalau cash tidak bisa. Biasanya, sales itu mensiasatinya dengan kerja sama dengan leasing. Karena selain bisa dapat bonus komisi dari perusahaan, kalau beli kredit sales juga dapat komisi dari pihak leasing," tandasnya.
(mks)
Komentar