Stres Bisa Sebabkan Hilang Ingatan

Selasa, 15 Maret 2016 05:00
Stres Bisa Sebabkan Hilang IngatanIlustrasi stres @licdn.com
Apakah Anda kerap kali merasa stres dan butuh hiburan atau jalan-jalan untuk meringankan tingkat stres? Jika benar, luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan hal tersebut.

Sebab, peneliti dari Ohio State University menemukan, stres berkepanjangan bisa menyebabkan hilang ingatan dan inflamasi pada otak.

Penelitian ini dilakukan pada tikus-tikus yang telah hidup dengan kondisi stres ternyata bisa lupa cara keluar dari labirin yang sebelumnya telah mereka hafal jalan keluarnya.

Karena hanya dialami oleh tikus-tikus yang sudah mengalami stres untuk beberapa saat. Sehingga para peneliti percaya, stres hanya pada suatu waktu tidak akan memancing hilangnya ingatan.

Namun bagi para tikus yang telah mengalami stres secara kronis terlihat mengalami perubahan pada otak mereka, seperti inflamasi yang disebabkan oleh sistem imun.

Inflamasi ini disebabkan karena para tikus tadi mengalami kekalahan sosial yang berulang setelah berhadapan dengan tikus lain yang lebih dominan sebanyak beberapa kali.

Karena itulah para peneliti akhirnya menganggap bahwa hal ini sama dengan konsekuensi fisik dan stres psikologis yang dialami oleh para tentara, atau orang yang berada dalam hubungan yang menganiaya.

Jadi para pebeliti menyimpulkan bahwa stres berkepanjangan bisa menyebabkan sistem imun menginflamasi otak sehingga menyebabkan hilangnya ingatan untuk sementara waktu.
(De)
Komentar