Sisi Baik & Buruk Posisi Tidur Bagi Tubuh

Sabtu, 12 Maret 2016 05:00
Sisi Baik & Buruk Posisi Tidur Bagi TubuhIlustrasi tidur @mensjournal.com
Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda, ada yang suka dengan posisi tidur tengkurap, menyamping atau bahkan terlentang.

Dilansir dari Huffingtonpost, posisi-posisi tidur tersebut ternyata memiliki sisi baik dan buruk bagi kesehatan. Apa saja? berikut ulasannya:

Tidur menghadap samping

Ahli tidur W.Christopher Winder mengatakan, posisi tidur ini memiliki banyak kelebihan terutama bagi mereka yang kerap mendengkur.

Posisi ini membuka saluran udara sehingga bisa bernapas lebih baik saat malam, tidur menyamping juga baik untuk tulang belakang, dan mengurangi sakit punggung. Baik menghadap kanan ataupun kiri, tidur posisi ini baik untuk otak. Bahkan, membantu peredaran darah ke jantung.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa tidur menyamping bisa menurunkan risiko alzheimer, parkinson, dan penyakit saraf lainnya, meski belum ditemukan apakah ini juga memberi manfaat yang sama kepada manusia.

Sementara sisi buruknya bisa menyebabkan lengan mati rasa seperti tertusuk jarum karena saat berat tubuh ditumpukan pada tangan atau bagian tubuh lainnya, akan memberi tekanan pada pembuluh darah.

Penelitian lain mengatakan bahwa tidur seperti ini akan meningkatkan asam lambung dan mulas saat malam. Jika sering mengalami hal ini saat malam, cobalah untuk tidur dengan posisi lain.

Tidur telentang

Posisi tidur ini akan memberikan rasa lebih menyegarkan ketika bangun karena tidur dengan punggung di bawah adalah posisi terbaik untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Bagi mereka yang memiliki masalah nyeri di bagian bawah punggung, tidur dengan posisi telentang dan kaki ditopang dengan bantal bisa mengurangi rasa sakit dan tekanan di tulang belakang.

Namun posisi ini menyebabkan seseorang mendengkur atau gejala lain yang lebih buruk dari gangguan tidur, karena bagian atas menjadi tidak stabil.

Tengkurap

Posisi tidur ini juga bisa membuka sedikit jalan udara. Namun menyebabkan sakit di bagian leher. Karena ini adalah posisi yang terburuk, sebab dapat memutar leher hampir 90 derajat dari tubuh, sekaligus mengangkat kepala dan leher hingga setinggi bantal. Lama kelamaan, kebiasaan tidur seperti ini bisa menyebabkan nyeri di bagian bawah punggung.
(De)
Komentar