Bedak Tabur Picu Kanker Paru-Paru Pada Bayi

Senin, 14 Maret 2016 05:00
Bedak Tabur Picu Kanker Paru-Paru Pada BayiIlustrasi bedak tabur @lakeandriverco.com
Hampir semua ibu-ibu menggunakan bedak bubuk atau tabur untuk si kecil. Padahal partikel kecil bedak akan mudah terhirup oleh anak melalui udara yang dipakai bernapas dan hal ini sangat berbahaya.

Dilansir dari drweil, bedak yang terhirup dapat membahayakan pernapasan karena serbuk bedak bisa mengeringkan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke hidung.

Penelitian menunjukkan bahwa bedak menyebabkan sesak napas dan mengi (penyempitan otot saluran napas) pada bayi, hingga obstruksi saluran udara (sejenis penyakit paru) bahkan, bayi yang menghirup partikel serbuk bedak berisiko mengidap pneumonia hingga mengakibatkan kematian.

American Cancer Society yang memaparkan hubungan antara bedak dan kanker menunjukkan bahwa paparan partikel mineral dari bedak memiliki efek jangka panjang untuk kesehatan yang berisiko tinggi terhadap kanker paru-paru.

Tak hanya itu saja, studi tersebut juga menyarankan kepada wanita untuk tidak menggunakan bedak pada daerah genital akibat dapat menuai peningkatan risiko kanker ovarium.

International Agency for Research on Cancer mengklasifikasi penggunaan bedak tabur pada area genital ini menemukan risiko kanker ovarium yang disebabkan oleh bedak tergolong kecil kemungkinannya. Namun ada baiknya untuk dihindari.

Sementara dalam penggunaan bedak bayi jenis tabur disarankan untuk tidak menaburkan langsung pada tubuh bayi dan sebisa mungkin tidak berada di dekat kepala anak. Pergunakanlah bedak di area yang jauh dari wajah anak, seperti di area bokong dan kaki.
(De)
Komentar