3 Pertimbangan Sebelum Mempekerjakan Teman

Minggu, 13 Maret 2016 07:00
3 Pertimbangan Sebelum Mempekerjakan TemanIlustrasi bekerja sama dengan teman @cityam.com
Tak sedikit orang yang sukses berwirausaha bersama teman, namun ingat tidak semua teman bisa menjadi karyawan yang baik dan menguntungkan usaha Anda.

Mungkin beberapa dari Anda berpikir, ketika kantor atau usaha Anda sedang dalam mencarian lowongan, Anda ingin membantu rekan yang masih pengangguran dengan menawarkan lowongan padanya.

Nah, sebelum hal ini terjadi sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini seperti dilansir dari laman bbc.com:

Pernah bekerja bersama

Sebaiknya jangan memberi pekerjaan kepada seseorang hanya karena Anda berhubungan dekat baik itu teman atau saudara. Jika bisa rekomendasikan orang yang sudah Anda ketahui cara bekerjanya, misalnya mantan rekan di kantor lama atau rekan beda perusahaan yang tidak terlalu Anda kenal secara personal namun terkenal berbakat. Hal ini bisa menciptakan perasaan positif bagi Anda maupun teman tersebut.

Tidak menimbulkan rasa risih

Sebagian dari Anda yang ingin menawarkan pekerjaan kepada teman mungkin sudah berada di posisi mapan dalam perusahaan. Ketika ingin memberikan kawan pekerjaan yang jabatannya tepat di bawah Anda, pastikan jika kedua belah pihak akan merasa nyaman.

Coba pikir ulang apakah posisi Anda sebagai teman akan berpengaruh terhadap penilaian kerjanya nanti.

Tulus

Ketika seseorang menawarkan pekerjaan terhadap teman, tak jarang ada tujuan tertentu di baliknya. Jika Anda tidak bermaksud demikian pastikan bila teman mengetahuinya.

Katakan pula kepada si kawan jika Anda akan memperlakukan dia selayaknya pekerja saat di kantor sehingga kawan tidak takut akan jadi 'anak kesayangan' atau menimbulkan iri pada karyawan lainnya.
(De)
Komentar