Dampak Buruk dan Cara Tepat Pakai Earphone

Sabtu, 12 Maret 2016 09:00
Dampak Buruk dan Cara Tepat Pakai EarphoneIlustrasi menggunakan earphone @berkeleyside.com
Anda gemar menggunakan earphone? Dengan volume keras? Wah hati-hati ya mulai sekarang. Pasalnya sebuah riset menunjukkan bahwa pemakaian earphone dalam jangka waktu yang lama dan sering terlebih dengan volume keras dapat memperbesar potensi ketulian.

Dilansir dari Boldsky, ada beberapa dampak buruk dan cara agar terhindar dengan pemakaian earphone yang tepat. Berikut dampak buruk pemakaian earphone berlebihan:

Tinnitus dan sakit kepala

Selain tuli, memakai earphone berlebihan juga bisa akibatkan sakit kepala dan tinnitus atau gangguan pendengaran. Biasanya, penderita tinnitus akan mendengar suara seperti sensasi berdengung di telinga secara konstan.

Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan earphone sangat tak baik bagi kesehatan dan memicu kerusakan kolateral otak.

Infeksi telinga

Infeksi telinga bisa saja terjadi bila Anda berbagi earphone dengan orang lain. Karena Anda tak pernah tahu apakah orang yang berbagi dengan Anda menderita infeksi telinga atau tidak. Jadi hindarilah pemakaian earphone secara bergantian.

Lantas bagaimana agar Anda terhindar dari dampak buruk penggunaan earphone? Berikut cara tepat pemakaian earphone:

Hindari volume keras

Periset tuturkan bahwa telinga manusia punya batas pendengaran tertentu. Kata mereka (ilmuwan), tingkat suara yang melebihi 85 desibel dapat menyebabkan tuli permanen.

Jangan pakai earphone lebih dari 30 menit

Penggunaan earphone lebih dari 30 menit dapat memicu kerusakan telinga. Peneliti menyarankan agar Anda mengambil jeda kurang lebih selama 15 menit.
(De)
Komentar