Pakai WC Jongkok Lebih Sehat, Ini Penjelasannya

Minggu, 13 Maret 2016 05:00
Pakai WC Jongkok Lebih Sehat, Ini PenjelasannyaIlustrasi toilet @wordpress.com
Saat ini WC duduk sudah tak satu dua orang saja yang menggunakannya, bahkan pada toilet umum hampir semuanya menggunakan WC duduk. Sayangnya, meski terlihat lebih modern WC duduk ternyata tidak lebih sehat daripada WC jongkok.

Naturopath, ahli kesehatan holistik, serta dokter medis telah lama berbicara tentang bahaya kesehatan dari toilet modern. Duduk di toilet meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan gangguan seperti kembung, wasir dan sembelit. Karena pada toilet atau WC duduk akan membuat Anda sering memperbaiki sudut anorektal yang dibatasi.

Ketika Anda jongkok, gravitasi akan ikut di sana, sebab torso mendorong ke paha, secara alami ini menekan usus besar. Sementara, berjongkok akan menutup katup inlet, menjaga usus kecil tetap bersih dan membuka katup outlet untuk membiarkan sampah lewat dengan bebas.

Sedangkan ketika kita duduk, inlet dan outlet katup tidak bekerja dengan cara yang semestinya. Sehingga ini akan membuat proses pembuangan sampah dari tubuh lebih sulit.

Dikutip dari Times of India, seorang ahli mikrobiologi Jerman, Giulia Enders dalam bukunya Charming Bowels menjelaskan, saluran pencernaan merupakan penasihat paling penting bagi otak dan itu mempengaruhi segala sesuatu dari mental untuk kesehatan pencernaan.

Nah jadi jika Anda sudah terlanjur memakai toilet atau WC duduk di rumah, sebaiknya letakkan kursi kecil di bawahnya untuk meletakkan kaki agar sedikit terangkat ketika duduk. Meski begitu, ahli kesehatan belum memastikan efek tersebut dapat sama seperti manfaat pengunaan toilet jongkok.
(De)
Komentar