Alasan Servis Ponsel di Tempat Resmi Lama & Mahal

Selasa, 08 Maret 2016 16:00
Alasan Servis Ponsel di Tempat Resmi Lama & MahalIlustrasi @kaskus.co.id
Jika Anda pernah mengalami kerusakan ponsel dan melakukan perbaikan di gerai resmi, pasti Anda merasakan yang namanya menunggu dalam waktu lama, biaya yang mahal, serta kebanyakan dikirim ke Jakarta. Hal ini terjadi hampir di setiap wilayah di Indonesia. Mengapa?

Untuk harga yang mahal, faktor penyebabnya ada dua hal. Pertama, suku cadang yang digunakan oleh pusat perbaikan resmi pasti dalam kondisi baru dan orisinal. Sementara di tempat servis biasa bisa saja barang bekas atau bukan orisinal.

Kedua, teknisi di pusat perbaikan resmi ponsel tunduk dengan prosedur perusahaan. Contoh, meskipun yang rusak hanya satu komponen, jika prosedur baku perusahaan mengharuskan menggantinya sepaket, maka teknisi tidak bisa melanggarnya.

Kedua hal inilah yang seringkali menyebabkan biaya perbaikan di gerai resmi menjadi lebih mahal dibanding di tempat servis biasa.

Lama perbaikan. Panjang pendeknya antrean menjadi salah satu penyebab waktu perbaikan. Namun yang menjadi alasan utama bukan hal itu, melainkan ketersediaan suku cadang yang rusak pada ponsel Anda.

Jika stok suku cadang tidak tersedia, otomatis Anda harus menunggu pusat servis mendatangkan suku cadang dari luar negeri yang tentu akan memakan waktu tak cukup satu atau dua hari. Bahkan dalam kasus yang parah bisa beberapa bulan.

Selanjutnya, tak sedikit pengguna yang kesal ketika mendapat informasi bahwa ponsel mereka dikirim ke Jakarta. Alasan dari prosedur ini menurut pihak gerai servis adalah karena kerusakan level tertentu harus dilakukan di Jakarta.

Nah, sekarang sudah tahu kan alasan mengapa perbaikan di servis center lama, mahal, dan tak jarang dikirim ke Jakarta.
(mks)
Komentar