5 Cara Cepat Tidur Usai Terbangun di Tengah Malam

Rabu, 09 Maret 2016 06:00
5 Cara Cepat Tidur Usai Terbangun di Tengah MalamIlustarsi terbangun tengah malam @hfe.co.uk
Beberapa orang yang lelah dan capek bekerja seharian pasti bisa dengan cepat tertidur. Nah biasanya karena tidur terlalu sore, Anda akan mudah terbangun di malam hari.

Tak hanya itu saja, biasanya penyebab bangun di malam hari juga dikarenakan oleh mimpi buruk. Sayangnya hampir sebagian besar orang yang terbangun di malam hari akan kesulitan untuk kembali tidur.

"Orang yang berjuang melawan insomnia atau sering terbangun saat tidur malam disebabkan oleh banyak faktor," ujar psikoterapis berlisensi dan ahli kebugaran Denise Limongello, dikutip dari Bustle.

"Penelitian menunjukkan, kebiasaan tidur bisa jadi dipengaruhi oleh faktor fisik dan mental. Meningkatnya kadar kekhawatiran, yang bisa menyebabkan rasa gelisah berlebihan, sering kali dilaporkan sebagai penyebab tidur buruk dan terbangun yang sering." imbuhnya.

Nah jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya lakukan 5 cara cepat tidur setelah terbangun berikut ini:

1. Turunkan suhu

"Studi menunjukkan, orang lebih gampang tertidur pada suhu yang lebih dingin, dan sering terbangun di malam hari karena kepanasan. Jika Anda terbangun, menurunkan suhu ruangan bisa membantu Anda kembali tidur," ujar Limongello.

2. Bikin daftar kegiatan

Kegelisahan sering kali jadi penyebab Anda terbangun di malam hari. Jadi, mengelola kegelisahan ini bisa membuat Anda tenang dan kembali tidur.

"Memiliki daftar kegiatan bisa jadi cara yang baik untuk mengatur tugas harian dan menyingkirkan kegelisahan yang disebabkan oleh tekanan karena harus mengingat semua yang harus Anda lakukan dalam satu hari," kata Limongello.

3. Makan cemilan tengah malam

"Orang sering terbangun di tengah malam karena lapar. Jika Anda makan malam terlalu sore, Anda bisa terbangun karena merasa lapar lagi. Makanlah makan malam Anda lebih dekat ke waktu tidur dibanding biasanya. Atau bangunlah dan menikmati cemilan tengah malam untuk memuaskan rasa lapar. Dengan begini Anda bisa segera kembali tidur." kata Limongello.

4. Hindari cahaya

Anda mungkin akan tergoda untuk menyalakan lampu, tapi melakukannya akan mengacaukan ritme tidur tubuh. Tubuh kita mengartikan cahaya sebagai tanda untuk terjaga, jadi jika Anda harus bangun, gunakanlah lampu tidur atau senter untuk membantu Anda bergerak.

5. Jangan merasa tertekan

"Orang yang mengalami insomnia atau sering terbangun menempatkan tekanan pada diri mereka untuk segera kembali tidur. Hal ini bisa meningkatkan kadar kekhawatiran dan frustasi Anda," kata Limongello.

"Rasa gelisah yang meningkat akan semakin membuat Anda sulit tidur. Cobalah untuk berbaring dengan tenang di kasur sambil beristirahat. Bahkan jika hal ini tidak berhasil, hal ini bisa membantu Anda lebih santai dibanding berbaring dengan gelisah semalaman."
(De)
Komentar