Indonesia dan Yordania Sepakat Dukung Kebebasan Palestina

Senin, 07 Maret 2016 11:15
Indonesia dan Yordania Sepakat Dukung Kebebasan PalestinaPresiden Joko Widodo dengan Pangeran Yordania, El Hassan Bin Talal @kompas.com

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Pangeran Yordania, El Hassan Bin Talal, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 di JCC, Senayan, Minggu (6/3) kemarin menghasilkan kesepakatan penting. Kedua negara ini membahas mengenai Palestina sebagai isu utama dalam KTT tersebut.

Yordania memberikan dukungan atas kebebasan Palestina. Selain itu, kedua negara berharap OKI lebih berperan dalam proses perdamaian Palestina-Israel.

"Saya harap KTT dapat mendorong persatuan antarnegara anggota OKI. KTT ini juga dapat digunakan untuk menyerukan persatuan Palestina," kata Presiden Jokowi dalam siaran pers.

Dalam pertemuan tersebut, kedua kepala negara ini juga membicarakan peningkatan hubungan ekonomi dan isu-isu internasional lainnya.

"Meningkatkan kerja sama melawan terorisme dan radikalisme, serta mempromosikan nilai-nilai Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin, toleransi dan moderasi," ujar pernyataan tertulis dari Kementerian Luar Negeri.

KTT LB OKI ke-5 ini diikuti oleh 57 negara anggota OKI. Sementara 605 delegasi turut hadir dalam pertemuan tersebut. Konferensi ini menjadikan kebebasan Palestina sebagai isu utama yang dibahas.

Berbagai isu yang muncul di Palestina, seperti masalah perbatasan, pengungsi, sampai dengan persoalan air harus segera diselesaikan. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar