Astronom Terima Sinyal Misterius di Antariksa, Alien?

Sabtu, 05 Maret 2016 10:45
Astronom Terima Sinyal Misterius di Antariksa, Alien?Ilustrasi @metro.co.uk
Penemuan yang sangat langka baru saja didapat oleh sejumlah astronot di Cornell University. Mereka menemukan semburan pendek gelombang radio dari lokasi yang berada jauh dari galaksi Bima Sakti.

Ini adalah pertama kalinya astronom menemukan semburan gelombang radio yang sangat cepat dan terjadi secara berulang. Astronom melihat ini sebagai sinyal yang mencoba ditunjukkan oleh sumber yang sangat kuat dari jarak jauh, dilansir The Verge.

Fenomena yang disebut sebagai fast radio burst (FRB) tersebut saat ini masih menjadi pertanyaan besar di kalangan ilmuwan. Setidaknya ada 17 sumber semburan yang berhasil ditemukan sejauh ini.

Gelombang misterius ini sebelumnya diperkirakan muncul dari tubrukan bintang neutron, namun ternyata temuan kali ini cukup berbeda karena apapun yang menyebabkan semburan itu tidak hancur.

Semburan yang ditemukan sama sekali tidak memiliki sumber ledakan. Karena hal inilah gelombang ini menjadi aneh dan langka. "Temuan ini berhasil sedikit menjelaskan mengenai fenomena yang sebelumnya masih samar," ujar salah satu peneliti senior di Cornell University, Chatterjee.

Penelitian mengenai gelombang ini sebetulnya sudah dilakukan sejak lama dan pertama kali ditemukan adalah pada tahun 2007. Saat itu semburan dikatakan berasal dari tempat yang jauh dan belum bisa dipastikan dari mana sumbernya.

Salah satu temuan fast radio burst (FRB) yang disebut paling memadai ditemukan beberapa waktu lalu yang diperkirakan berasal dari galaksi yang memiliki jarak 6 miliar tahun cahaya dari Bumi. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa gelombang tersebut berasal dari alien.
(mks)
Komentar