4 Cara Usir Lelah & Kantuk Tanpa Kafein

Kamis, 03 Maret 2016 05:00
4 Cara Usir Lelah & Kantuk Tanpa KafeinIlustrasi lelah di tempat kerja @medicaldaily.com
Rasa lelah dan kantuk sering kali datang menghampiri para pekerja disaat-saat jam sibuk. Hal ini biasanya banyak terjadi pada pekerja yang selalu menatap layar komputer berjam-jam.

Biasanya, para pekerja seperti ini memilih mengonsumsi kopi untuk mengembalikan energi dan semangat mereka saat mata mulai terasa berat dan tubuh terasa lelah.

Dilansir dari Dailyburn, tak hanya kafein. Ada beberapa cara lain yang dapat mengembalikan energi selain mengonsumsi kafein. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

1. Menonton video viral

Menyisihkan waktu sejenak untuk menonton berbagai video viral yang lucu di internet ternyata memberi dampak positif. Dengan menonton video yang menghibur, perasaan lelah atau tak bertenaga yang sebelumnya terasa akan cenderung mengilang.

Hal ini disebabkan karena pengalihan fokus sejenak dari pekerjaan dapat memberikan perasaan ringan.

"Mengalihkan fokus kepada aktivitas lain, baik secara visual atau melalui stimulasi permainan dapat membuat Anda merasa nyaman, dan cukup untuk kembali sigap," terang Anne Milasincic Andrews dari Clinical Neuropharmacology di University of California.

2. Minum air putih

Kinerja menurun tidak hanya disebabkan oleh kelelahan otot, tetapi juga dehidrasi. Oleh karena itu, dengan terus menjaga asupan minum, aliran darah ke otak akan ikut meningkat.

Di saat yang sama otak akan lebih lancar mendapatkan asupan gizi. Dengan begitu, tubuh akan kembali segar dan dapat bekerja dengan produktif kembali.

3. Jalan-jalan ke luar

Saat tubuh mulai merasa jenuh dan lelah, sedikit berkeliling di kantor atau lebih baik lagi di pinggir jalan dapat menghadirkan kembali energi yang sebelumnya hilang.

Berjalan-jalan ringan di luar ruangan dapat meningkatkan detak jantung sedikit lebih cepat. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat dengan efektif mengembalikan lagi kesigapan dalam bekerja.

Yang cukup mengasyikkan, tidak perlu waktu lama untuk berjalan-jalan ringan. Hanya beberapa menit berjalan ringan di ruang terbuka juga sudah cukup untuk mengembalikan lagi fokus dan energi dalam bekerja.

4. Konsumsi mint

Menjelang siang, tubuh menjadi lebih lemas karena gula darah telah mencapai titik terendah. Karena itu, tak heran jika di siang hari semangat bekerja mulai menurun dan tubuh menjadi kurang bergairah.

Untuk mengatasinya, cukup taruh daun mint di dalam mulut. Dengan meletakkan daun mint di dalam mulut, tubuh akan terdorong oleh stimulasi sensorik sehingga menjadi segar kembali.

Namun jika cara-cara di atas tidak berhasil mengusir rasa lelah dan kantuk yang menyerang, bisa jadi tubuh Anda perlu mendapatkan tidur yang cukup dengan tidak membiasakan tidur terlalu larut.

Pasalnya, kurang tidur dapat membuat performa seseorang menurun baik secara fisik atau pun mental.
(De)
Komentar