Chris Lesmana, Perancang Mobil VW Asli Bandung

Sabtu, 27 Februari 2016 19:45
Chris Lesmana, Perancang Mobil VW Asli BandungChris Lesmana dan VW Up! @volkswagen.co.uk
Satu lagi anak bangsa yang berhasil menorehkan prestasi luas biasa di kancah internasional, yakni Chris Lesmana. Pria asli Bandung ini kini dipercaya menjadi perancang mobil Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan nama VW.

Salah satu mobil kelas dunia garapan Chris adalah VW Up!. Ia menggarapnya bersama dengan rekannya Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Pada tahun 2008 silam rancangan Chris ini bahkan sudah dipatenkan di AS.

Rancangan Chris yang mengusung konsep perkotaan tersebut juga terpilih menjadi 2012 World Car of The Year melalui seleksi ketat dari 64 juri yang merupakan jurnalis otomotif di seluruh dunia. Wow!

Mobil rancangan Chris ini bahkan mengungguli dua nominator lainnya yang tak kalah bergengsi, BMW 3-Series dan Porshce 911 bersama dengan 31 mobil peserta lainnya.

Prestasi ini menunjukkan jika rancangan pria asal Indonesia ini tidak dibuat asal-asalan, melainkan dengan detail yang sangat mengagumkan. Beberapa keunggulan dari VW Up! ini adalah pengemudian mobil yang sangat responsif, mesin yang efisien, serta suspensi yang canggih dan material berkualitas.

VW Up! dihadirkan dalam dua rancangan, yakni 3 dan 5 pintu. Namun karena di Indonesia masih belum ada bahan bakar ramah lingkungan Euro 5 yang menjadi standar bahan bakar VW Up!, maka mobil ini belum bisa masuk ke tanah air.

Perusahaan VW mengatakan jika rancangan Chris sudah sangat bagus sehingga dalam realisasi dari sketsa yang diajukan tidak memerlukan perubahan signifikan. Tak hanya pada VW Up!, rancangan Chris yang dihadirkan pada VW New Beetle juga mendapat pujian dari perusahaan.

VW Up! sendiri menjadi mobil VW ketiga yang berhasil dinobatkan sebagai mobil terbaik setelah sebelumnya diraih oleh VW Golf MK VI tahun 2009 dan VW Polo tahun 2010.
(mks)
Komentar