Studi: Karakter Bos Pengaruhi Kesehatan Karyawan

Jum'at, 26 Februari 2016 21:15
Studi: Karakter Bos Pengaruhi Kesehatan KaryawanIlustrasi sakit saat kerja @dailymail.co.uk
Sebuah studi menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan, pasalnya karakter dan tingkah laku bos dapat mempengaruhi kesehatan mental bahkan menyebabkan sakit secara fisik.

Dilansir dari Washington Post, salah satu ahli dari Harvard Medical School, Jonathan D. Quick, mengatakan, Buktinya sudah jelas bahwa gaya kepemimpinan atasan yang buruk dari waktu ke waktu bisa memengaruhi kesehatan karyawan. Quick juga menambahkan stres berat yang dialami oleh karyawan karena atasannya juga bisa mengakibat penyakit kronis.

Sementara hasil riset pada 2009 lalu yang dilakukan oleh ahli dari Stockholm University juga mengungkap bahwa karyawan laki-laki yang memiliki bos yang baik (memberikan feedback serta informasi dan juga mengontrol karyawan dengan baik) ternyata mempunyai risiko terkena gangguan jantung lebih rendah yakni 20%. Dengan catatan, data tersebut diambil dari karyawan yang sudah bekerja selama 10 tahun.

Sedangkan studi yang diterbitkan pada 2003 oleh Occupational & Environmental Medicine mengungkapkan bagaimana atasan setingkat supervisor mempengaruhi kesehatan bawahannya.

Temuan riset tersebut menyebutkan bahwa karyawan yang bekerja di bawah supervisor yang tidak memberikan respek dan kepercayaan ternyata memicu gangguan pada tekanan darahnya.

Tak hanya itu saja, riset pada 2010 juga menyebutkan efek gaya kepemimpinan atasan juga mempengaruhi kesejahteraan seseorang. Bahkan sang peneliti, E. Kevin Kelloway mengatakan efek dari leadership yang buruk juga bisa mengakibatkan orang takut bekerja.
(De)
Komentar