Alasan Wanita Lebih Panjang Umur dari Pria

Sabtu, 27 Februari 2016 05:00
Alasan Wanita Lebih Panjang Umur dari PriaIlustrasi pasangan tua @wedding.com
Pada tahun 2015 lalu, WHO melakukan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa wanita ternyata memiliki harapan hidup atau life expectacy lebih panjang maksimal 5 tahun dibanding pria.

Hal ini dibuktikan bahwa angka harapan hidup para wanita Indonesia adalah 73 tahun. Sedangkan pria Indonesia 69 tahun. Terpaut 4 tahun.

Sementara Indonesia sendiri menempati ranking ke 114 dari List of Countries by Life yang dirilis WHO tahun 2015 lalu. Sedangkan negara rangking pertama dunia adalah Jepang.

Para wanita Jepang mencapai usia 87 tahun, sedang para pria Jepang hanya mencapai 80 tahun. Jadi harapan hidup masyarakat di negara Jepang terpaut 7 tahun antara wanita dan pria. Tak hanya itu, sebuah negara kecil yang dikelilingi oleh Italia yaikni San Marino yang menempati ranking 8 di dunia.

Bahkan dari 194 negara di seluruh dunia yang ada di dalam daftar yang dikeluarkan WHO, hampir tidak ada negara yang life expectacy wanitanya lebih rendah dibanding pria, kecuali Tonga, sebuah negara kepulauan yang terletak di Selatan Samudera Pasifik. Negara ini menjadi pengecualian, dimana angka harapan hidup wanita lebih rendah dibanding pria, bahkan selisih 5 tahun.

Usia harapan hidup sendiri dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu makanan, lingkungan, dan stress. Dalam sebuah kelompok masyarakat yang terdiri dari pria dan wanita, secara umum bisa dikatakan mereka makan makanan yang relatif sama. Demikian pula dengan lingkungan ekologi maupun sosial yang bisa di katakan sama pula.

Satu satunya faktor yang membedakan adalah stress. Dimana tingkat stress yang dialami pria umumnya lebih tinggi dibanding wanita. Hal ini memang logis, pasalnya dalam tradisi kehidupan masyarakat di seluruh dunia umumnya para pria adalah kepala rumah tangga yang bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga.

Seorang pria pekerja tentu saja menerima beban fisik maupun psikis yang lebih besar dibanding seorang ibu rumah tangga. Beban-beban ini berkaitan langsung dengan level stress yang dialami pria. Sehingga sangat logis jika harapan hidup pria umumnya lebih rendah dibanding wanita.
(De)
Komentar