15 Hal Yang Sebaiknya Tidak Diunggah di Media Sosial

Senin, 22 Februari 2016 16:40
15 Hal Yang Sebaiknya Tidak Diunggah di Media SosialIlustrasi media sosial @zencontent.com
Semakin berkembanganya kecanggihan teknologi membuat banyak orang semakin terbuka di dunia maya. Terlebih saat ini banyak sekali layanan media sosial yang menawarkan pembagian foto, video, bahkan data pribadi.

Kendati demikian, hal ini juga perlu di waspadai, sebab meningkatnya penggunaan media sosial, ternyata berbanding lurus dengan tingkat kejahatan yang mengintai.

Dilansir dari Jeffbullas, berikut 15 hal yang sebaiknya tidak diunggah atau dibagikan di media sosial:

1. Koleksi barang-barang mewah

Meski hanya bermaksud untuk mengabadikan momen, namun ada baiknya jika Anda tidak memposting barang mewah di medsos sebab secara tidak langsung Anda baru saja menjadi buzzer untuk merek tertentu secara gratis.

2. Tiket pesawat

Meski mengunggah foto tiket pesawat akan memberikan kesan tersendiri, namun sebaiknya hal itu Anda hindari karena cukup berbahaya.

Jika barcode dari tiket pesawat tersebar di medsos, Anda telah membuka peluang untuk para pelaku kejahatan mendapatkan data pribadi Anda.

3. Keluhan tentang atasan

Jika Anda memiliki masalah dengan atasan, sebaiknya bersikaplah dewasa dengan tidak mengumbarnya dalam media sosial. Hal ini hanya akan memperkeruh masalah jika bos Anda mengetahuinya.

4. Curhatan tentang pekerjaan

Curhatan tentang pekerjaan memang hal yang wajar, tapi jangan sampai Anda posting di medsos. Karena hal ini bisa saja merusak personal branding.

5. Foto sedang sakit

Saat Anda sedang terkulai sakit, sebaiknya jangan diunggah atau dibagikan ke media sosial. Jika ingin membuat teman Anda mengerti bagaimana keadaan Anda, sebaiknya kirimkan foto tersebut secara personal.

6. Permasalahan dengan teman

Perlu di inggat bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang menggunakan medsos, jadi hal yang menyangkut permasalahan dengan teman sebaiknya jangan sampai tersebar secara umum karena itu bisa saja membuat masalah semakin besar.

7. Kemarahan kepada orangtua

Selain permasalahan dengan teman, permasalahan dengan orangtua pun jangan sampai Anda sampaikan di medsos. Selain tidak sopan, Anda hanya akan dipandang buruk oleh orang lain.

8. Hadiah lotre

Hampir semua orang ingin memenangkan lotre, tapi apabila Anda beruntung memenangkannya, jangan sampai Anda bagikan kepada khalayak ramai sebab bisa memicu tindak kejahatan.

9. Foto anak

Mengunggah foto anak di medsos bisa berdampak negatif mulai dari penculikan anak hingga penggunaan foto pihak yang tak bertanggung jawab untuk hal yang buruk.

10. Status yang menyangkut SARA dan informasi yang belum jelas kebenarannya

Menyampaikan pendapat atau opini di medsos memang tidak salah, namun sebaiknya hindari pembahasan yang menyangkut SARA dan informasi yang belum jelas kebenarannya. Apalagi jika opini tersebut terkesan menyudutkan kelompok tertentu.

11. Informasi keuangan

Demi menjaga keamanan, jangan sampaikan kondisi keuangan Anda atau keluarga Anda di medsos.

12. Berlibur dan meninggalkan rumah

Memposting foto liburan ternyata dapat memicu niat buruk dari pengguna media sosial lainnya. Nah sebaiknya bagikan foto liburan Anda setelah kembali ke rumah.

13. Jadwal harian

Meski terkesan sepele, tapi jadwal harian sangat berharga dan lebih baik tidak diketahui orang banyak. Karena hal ini bisa membuat orang dengan mudah menghafal pola hidup Anda dan itu cukup berbahaya jika diketahui pencuri.

14. Tindakan yang salah

Mengunakan media sosial memang menyenangkan namun Anda perlu membatasi diri dalam menggunakannya seperti tidak memposting hal-hal yang salah karena sekali lagi itu akan mempengaruhi personal branding Anda sendiri.

15. Daftar anggota keluarga

Hal personal seperti daftar anggota keluarga sebaiknya tidak disampaikan di medsos. Karena dapat memicu kejahatan dalam keluarga Anda.
(De)
Komentar