Ratusan Mayat Dimutilasi Ditemukan di Bawah Penjara Kolombia

Minggu, 21 Februari 2016 07:30
Ratusan Mayat Dimutilasi Ditemukan di Bawah Penjara KolombiaPenjara di Kota Bogota, Kolombia @cnn.com

Kota Bogota, Kolombia geger dengan penemuan lebih dari 100 mayat yang terpotong-potong di Hyundai Accent Verna saluran pembuangan di bawah penjara La Modelo di Bogota, Kolombia.

La Modelo merupakan penjara terbesar di Kolombia yang sudah kelebihan kapasitas.

Dugaan sementara, mayat-mayat itu dibunuh lalu dimutilasi massal dan dibuang ke saluran itu pada tahun 19992001.

"Menjelang akhir tahun lalu kami memulai penyelidikan tentang kemungkinan sejumlah orang yang hilang dan dimutilasi di penjara La Modelo, Bogota," ujar jaksa penuntut khusus yang ditugaskan untuk kasus ini Caterina Heyck Puyana, dilansir dari the Guardian, Jumat (19/2).

Dia menambahkan, jenazah itu tidak hanya napi penjara, namun juga kemungkinan pengunjung yang menjenguk sanak saudaranya di penjara itu.

Penemuan mayat ini bermula dari penyelidikan atas kasus penculikan, pembunuhan dan korupsi perdagangan senjata ilegal di La Modelo oleh wartawan Jineth Bedoya pada Mei 2000. Karena menyelidiki kasus ini, Bedoya diculik dan diperkosa.

Pelakunya merupakan mantan anggota paramiliter Mario Jaimes Mejia dan Alejandro Cardenas Orozco. Keduanya dicurigai terlibat dalam pembantaian massal ratusan mayat itu. Namun keduanya membantah keras tudingan tersebut.

Otoritas mengatakan, masih ada kemungkinan mayat-mayat lain di saluran pembuangan di penjara-penjara lain di Kota Popayan, Bucaramanga, dan Barranquilla.

(Nay)
Komentar