6 Tanda Hubungan Anda Harus Berakhir

Sabtu, 20 Februari 2016 08:00
6 Tanda Hubungan Anda Harus BerakhirIlustrasi pasangan bertengkar @hubspot.net
Beberapa pasangan kadang merasa bahwa hubungan asmara yang sedang mereka jalani tak sesuai dengan yang mereka harapkan selama ini atau bahkan telah mengalami perubahan yang semakin tidak membuat nyaman.

Dikutip dari MeetMindful, ada sejumlah tanda bahwa hubungan yang memiliki penyalahgunaan atau tidak seharusnya dilanjutkan. Penulis artikel dan buku tentang hubungan, Alex J. Stevenson, Ph.D, membeberkan 6 tanda hubungan yang sebaiknya segera diakhiri:

1. Gerak cepat

Jika calon pasangan berperilaku gencar sejak awal, seperti mencoba bermalam bersama atau bahkan meminta tinggal bersama hanya setelah beberapa kali kencan.

Ini bisa menjadi tanda bahwa pasangan Anda memiliki niat terselubung, sehingga perlu untuk Anda pikir dua kali untuk melanjutkan hubungan dengannya.

2. Cemburu buta

Orang yang cenderung mudah cemburu dengan cara yang tak sehat hanya akan menjadi-jadi bahkan mengungkit hubungan masa lalu yang sudah lama berakhir. Cemburu berlebihan bukan hal yang sehat dan merupakan ciri dari banyak masalah lain.

3. Mengendalikan uang

Pelaku penyalahgunaan (abuser) kerap ingin mengendalikan semua aspek keuangan, walaupun bukan uang yang merupakan jerih payahnya sendiri.

Mereka berharap agar Anda menanggung semuanya atau bahkan serta merta melarang pembelanjaan. Pengendalian ini nantinya merambat ke sisi-sisi lain dalam hubungan dan kehidupan.

4. Pengasingan (isolasi)

Jika pasangan ingin Anda mengurangi waktu bersama dengan saudara dan teman, hingga akhirnya sepenuhnya memisahkan Anda dari orang-orang tersebut, ini bukanlah pasangan yang baik untuk diperjuangkan.

5. Menyalahkan

Seorang abuser, seringkali berpelaku menyalahkan orang lain untuk tindakannya sendiri dan tidak pernah menerima tanggungjawab atas apa yang sebenarnya mereka mulai.

Mereka terkadang mengeluhkan ada orang yang mengincar dan memanfaatkan mereka. Hal ini terjadi di semua urusan, bahkan ketika kesalahan ada di pundak mereka.

6. Komentar membingungkan

Pada dasarnya, ini adalah cara pengendalian pikiran di mana pasangan sengaja membingungkan Anda dengan cara mengarahkan supaya mempercayai bahwa semuanya adalah salah Anda.

Sehingga membuat Anda merasa bahwa hubungan akan kembali membaik jika Anda melakukan berbagai hal sesuai dengan cara yang diinginkan pasangan.

Ingat hal ini tidaklah benar, sebab bentuk-bentuk kendali seperti itu seringkali mengarah kepada penganiayaan fisik (physical abuse).

Meski tidak semua orang yang melakukan penganiayaan verbal atau emosional menyakiti pasangannya secara fisik. Dan hal inilah yang membuat kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka berada dalam hubungan yang tidak sehat, dan dianiaya oleh pasangan. Karena tidak ada bukti fisik yang benar-benar terlihat.
(De)
Komentar