Cegah Gusi Berdarah Dengan Gosok Gigi 2 Kali Sehari!

Minggu, 21 Februari 2016 05:00
Cegah Gusi Berdarah Dengan Gosok Gigi 2 Kali Sehari!Ilustrasi menggosok gigi @lifehack.org
Anda pasti pernah mengalami gigi atau gusi berdarah saat menggosok gigi. Hal ini disebabkan oleh gingivitis yang merupakan awal kemunculan plak kronis akibat adanya bakteri dan karang pada gigi.

Cara mudah untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan gigi. Seperti menggosok gigi dua kali sheari dan tak lupa membersihkan gigi menggunakan benang gigi (dental floss) setiap malam.

Bahkan orang yang memiliki gusi bermasalah seperti merasa nyeri saat makan atau minum minuman yang panas atau dinginn, ngilu saat menggigit makan disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan giginya ke dokter minimal tiga bulan sekali.

Sementara bagi orang yang sudah pernah mengalami masalah gusi sebelumnya, dokter gigi, Mark S. Wolff menyarankan untuk datang ke dokter setiap enam bulan sekali. Demikian dikutip dari Men's Health (18/2).

Jangan sekali-sekali meremehkan penyakit gusi, meski terlihat sepele, namun penyakit ini bisa menimbulkan masalah pada bagian tubuh lainnya. Seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke, menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research.
(De)
Komentar