Perilaku Anjing Ternyata Beradaptasi dengan Emosi Manusia

Rabu, 17 Februari 2016 14:20
Perilaku Anjing Ternyata Beradaptasi dengan Emosi ManusiaAnjing dengan sang pemilik @doggyadvices.com
Kita tahu bahwa anjing adalah hewan paling penurut kepada sang pemilik. Faktor yang membuat hubungan antara anjing dan manusia dan anjing sangatlah erat adalah rasa cinta anjing kepada pemilik, demikian yang dikatakan dalam sebuah penelitian.

Penelitian itu juga menyebutkan bahwa anjing telah mengembangkan beberapa perilaku agar bisa mengatasi reaksi manusia terhadapnya. Terbukti hewan yang satu ini kerap menghindari kontak mata.

Anjing telah mengembangkan perilaku tersebut tanpa sadar tepat ketika manusia sedang pada puncak tempramen. Peneliti juga menemukan bahwa anjing ternyata bisa belajar berbagai teknik untuk menenangkan diri dan menghindari masalah dengan pemilik.

Dalam penelitian ini, ilmuwan dari Universitas Helsinki melatih 31 anjing dari 13 spesies untuk duduk di depan sebuah layar video tanpa interaksi dengan manusia. Untuk mengetahui bagaimana anjing mengekspresikan emosi, ilmuwan menggunakan sebuah alat pelacak tatapan.

Kemudian anjing-anjing tersebut akan mendapatkan beberapa gambar yang menunjukkan wajah manusia sedang marah, bahagia, maupun ekspresi netral.



Saat itulah peneliti mengetahui jika anjing melihat ke arah mata terlebih dahulu dan mempelajari ekspresi wajah tersebut dan kemudian berperilaku sama dengan karakteristik ekspresi yang mereka tiru dari apa yang mereka pelajari.

Salah satu ilmuwan dari penelitian ini, Sanni Somppi mengatakan jika penjinakan mungkin adalah faktor mengapa anjing memiliki sensitivitas untuk mendeteksi ekspresi manusia, terutama pemiliknya.

Dengan begitu, anjing kemudian rela menenangkan dirinya sendiri demi tidak terlibat konflik dengan manusia. Hal ini membuktikan bahwa perilaku binatang melihat sesuatu sangat miripd engan manusia. Hanya saja anjing selalu mengambil langkah tenang, berbeda dengan manusia yang terkadang tidak dapat mengendalikan emosi.
(mks)
Komentar