Inggris Bantu Rio Haryanto Masuk F1

Selasa, 16 Februari 2016 09:45
Inggris Bantu Rio Haryanto Masuk F1Rio Haryanto @facebook.com
Sempat pupus harapan karena kekurangan dana untuk masuk ke Formula 1 (F1), pembalap Rio Haryanto rupanya sudah mendapat harapan baru. Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora bersama Kedutaan besar Inggris di Indonesia telah membahas masa depan Rio.

Kedubes Inggris diwakili Duta Besar Moazzam Malik setidaknya ikut memberikan angin segar bagi Rio untuk bergabung bersama tim Manor di F1. "Akad nikah antara Rio dan Manor bakal dihubungi besok sore," ujar juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewantoro.

"Kerja sama Inggris dan Indonesia sedang bagus. Rupanya, di Inggris Manor dan Rio sedang menjadi sorotan. Saya harus berterima kasih kepada Pemerintah Inggris karena memungkinkan untuk membantu Rio main di F1," lanjutnya.

Langkah pemerintah Inggris untuk melobi Manor agar mengikutsertakan Rio dalam balapan tersebut diharapkan oleh Gatot menjadi jembatan kerjasama antara pemerintah Inggris dan Indonesia di segala bidang.

Manor sendiri sejauh ini hanya mempunyai satu pembalap yang akan berlaga musim berikutnya, yakni Pascal Wehrlein dan masih tersisa satu kursi.

Gatot mengatakan, "Waktu Manor ke sini (Indonesia), mereka tidak mau konferensi pers, karena sadar menjadi sorotan, baik itu para pesaingnya di Formula 1 hingga pemerintah Inggris."

Jika nanti Rio akan bergabung dengan Manor, pembalap asal Solo ini dipastikan tidak akan mengikuti satu musim secara penuh, melainkan hanya sepertiga dari 20 seri. Penyebabnya adalah finansial.

Manor meminta harga satu kursi Rio sebesar Rp 15 juta Euro. Sementara sejauh ini Rio hanya mampu membayar 5,2 juta Euro. "Kalau orang Jawa bilang: wani piro? Rio ikut F1 tergantung uang yang dibayar ke Manor," tandas Gatot.
(mks)
Komentar