10 Cara Hidup Hemat Dalam Seminggu

Senin, 15 Februari 2016 08:00
10 Cara Hidup Hemat Dalam SemingguIlustrasi menghemat uang @expertbeacon.com
Tak sedikit orang yang mengalami budget mingguan yang membengkak bahkan membuat keuangan dalam seminggu sangat boros. Alhasil pada akhir bulan Anda akan merasakan sisa-sisa uang yang sangat menipis.

Dilansir dari bustle, berikut 10 cara hidup hemat dalam seminggu yang perlu Anda terapkan agar keuangan Anda terselamatkan:

1. Jangan beli air minum botolan

Di sadari atau tidak, membeli air minum botolan hanya akan membuat pengeluaran bertambah. Jadi mulailah untuk memasak air sendiri dan membawa bekal minum saat kerja agar tidak perlu membeli minuman botol.

2. Membawa bekal makan siang

Memasak sendiri bekal makan siang akan menghemat pengeluaran makan siang dalam seminggu. Selain hemat, tentunya lebih sehat karena Anda memasaknya sendiri.

3. Kurangi jajan camilan

Ini adalah kebiasaan buruk. Sebab selain membuat pengeluaran membengkak, Anda juga akan terbiasa untuk makan berlebihan.

Jadi sebaiknya atur pola makan dan mengganti konsumsi camilan itu dengan buah yang berat seperti pisang, atau pepaya, yang akan membuat Anda tetap kenyang serta sehat.

4. Buat kopi sendiri

Daripada membeli kopi di kafe yang harganya jauh lebih berkali-kali lipat mahalnya, sebaiknya buat sendiri kopi Anda dengan membeli bubuk kopinya. Selain hemat, Anda bisa membuat kopi sesuai selera Anda sendiri.

5. Selalu catat pengeluaran harian

Jangan lupa untuk selalu merekam pengeluaran harian agar Anda tetap tahu dan mengontrol seberapa banyak uang yang Anda keluarkan dalam sehari. Jika sudah terlihat mulai membengkak, Anda harus menguranginya.

6. Gunakan transportasi umum

Bila Anda bukan seorang dengan mobilitas yang tinggi, simpan kendaraan pribadi dan beralihlah dengan transportasi umum. Selain menghemat uang bensin, Anda bisa ikut menjaga kelestarian alam dengan meminimalisasi polusi.

7. Naik sepeda

Bila jarak tempuh tempat berkegiatan dekat, selain transportasi umum Anda bisa menggunakan sepeda. Selain murah dan hemat, tentunya sehat.

8. Buat produk sendiri

Apakah Anda tahu kalau alat mandi seperti pasta gigi, deodoran, body lotion, sabun pencuci muka, deterjen, sampo dan kondisioner rupanya dapat dibuat dari beberapa bahan ramah lingkungan yang sudah kamu miliki di rumah? Nah hal ini bisa Anda terapkan untuk menghemat pengeluaran.

9. Bekerja part time

Anda bisa mencoba bekerja part time, seperti mengajar les, atau menjadi pelayan di restoran, jika Anda punya waktu luang. Tentunya gaji dari bekerja part time itu akan membantu keuangan Anda.

10. Jangan tergoda barang diskon

Belilah barang sesuai kebutuhan, jangan tergoda dengan adanya diskon. Karena jika Anda tergoda dengan adanya diskon, Anda sebenarnya membeli barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan.
(De)
Komentar