Risiko & Cara Aman Bercinta Setelah Melahirkan

Minggu, 14 Februari 2016 10:00
Risiko & Cara Aman Bercinta Setelah MelahirkanIlustrasi pasangan @thedailybeast.com
Beberapa pasangan mungkin akan merasa canggung dan takut untuk memulai bercinta kembali setelah lama tidak melakukannya karena hamil tua dan melahirkan.

Namun ternyata bercinta usai melahirkan sangat dianjurkan untuk mengetahui apakah masih ada gairah atau tidak. Meski tak mudan jauh lebih menyakitkan, namun para peneliti menyarankan para ibu untuk menunggu pendarahan (lokia) berhenti total. Biasanya selama 2-3 minggu setelah persalinan.

Mengapa demikian? Sebab, jika pasangan suami istri ini tetap melakukan hubungan intim saat pendarahan belum berhenti, akan ada kemungkinan terjadinya infeksi. Dilansir dari Boldsky, berikut 3 risiko lain jika bercinta sebelum pendarahan berhenti:

1. Payudara kendur

Jika Anda sedang menyusui, kemungkinan payudara akan terasa sakit dan berat jika memaksa untuk berhubungan seksual. Jadi, supaya kehidupan seks Anda dan pasangan selalu nyaman, menyusui anak terlebih dahulu adalah kuncinya.

2. Terasa nyeri

Terjadi perubahan hormon setelah masa kehamilan yang menyebabkan vagina mengering, sehingga menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seksual.

3. Seks menjadi berbeda

Seks setelah melahirkan memang sangat berbeda. Sebab setelah mendorong bayi keluar dari rahim, otot-otot vagina menjadi tidak lekat lagi. Namun Anda bisa mendapatkan otot-otot panggul Anda kembali dengan bantuan latihan kegel.

Kendati demikian Anda dan pasangan dapat memulai hubungan intim jika pendarahan telah berhenti dan berikut beberapa cara aman agar tidak menyakitkan:

1. Pelumas

Jangan pernah lupa menggunakan pelumas. Sebab setelah melahirkan secara normal, vagina menjadi kering sehingga seks akan jauh terasa menyakitkan.

2. Terbuka

Pastikan Anda membiarkan dia tahu bagaimana perasaan Anda. Perlu juga bersama-sama mengunjungi dokter untuk memperoleh pengetahuan tentang seks setelah melahirkan.

3. Istirahat

Tidur siang jika diperlukan. Anda tidak boleh terlalu lelah agar dapat menikmati sensasi berhubungan seksual.
(De)
Komentar