5 Cara Hadapi Bos Yang Menyebalkan

Minggu, 14 Februari 2016 08:00
5 Cara Hadapi Bos Yang MenyebalkanIlustrasi di tempat kerja bersama bos @vccsystem.eu
Setiap pekerjaan memiliki tantangan dan tanggung jawab yang harus kita atasi, namun tak sedikit orang yang merasa ingin menyerah dan resign dari pekerjaan tersebut.

Hal ini terjadi karena banyak sebab seperti mendapat pekerjaan dengan setumpuk tugas yang membuat pusing, tidak sesuai dengan bidang dan keahlian, atau bahkan lantaran sikap bos atau atasan yang tidak mengenakkan hati.

Dilansir dari laman economictimes.indiatimes.com, ada beberapa cara tepat untuk menghadapi sikap bos yang menyebalkan berikut ini:

1. Jangan Diambil Hati

kadang ada bos yang menyampaikan kritiknya dengan cara yang menyakitkan dan membuat kita sebal karenanya. Jika ini yang terjadi pada Anda, jangan diambil hati. jadikan kata-kata bos yang menyakitkan sebagai cambuk untuk Anda berprestasi di lingkungan kerja.

2. Diskusikan dengan Manajer

Ketika tingkah bos sudah membuat Anda dan karyawan lainnya tidak tahan, Anda punya hak untuk mengutarakan keluhan. Jangan hanya membicarakannya dengan rekan-rekan kerja saja, tapi diskusikan juga dengan manajer agar bisa segera ditemukan solusinya.

Sebagai pemimpin tim, Ia wajib membantu menangani masalah seperti ini. Jika tak berani untuk pergi sendiri, ajak juga rekan-rekan yang merasakan hal yang sama untuk menghadap bersama.

3. Coba Untuk Tetap Sabar

Kunci utama dalam menghadapi persoalan seperti ini adalah untuk tetap tenang dan bersabar. Usahakan tidak terlalu terbawa emosi yang bisa berujung penyesalan di kemudian hari.

4. Minta Untuk Dipindahkan

Jika sudah tidak kuat dan Anda khawatir performa kerja Anda akan semakin memburuk jika bertahan di posisi Anda sekarang, daripada resign, mintalah untuk pindah bagian.

Utarakan kepada bagian HRD bahwa Anda ingin tetap memberikan kontribusi pada perusahaan, namun di bidang atau bagian yang berbeda. Dengan begini, Anda tak lagi berada di bawah kepemimpinan bos yang menyiksa.

5. Ambil Hikmahnya

Jika tidak ada yang bisa Anda lakukan, cobalah berusaha mensyukuri dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang tidak mengenakkan.

Mempunyai pengalaman memiliki atasan yang kurang menyenangkan membuat Anda bisa lebih menghargai atasan Anda yang bersifat lebih baik.

Pengalaman tersebut bisa dijadikan pelajaran agar Anda tidak berperilaku seperti dia ketika suatu hari Anda berada di posisi yang sama.
(De)
Komentar