Mengenal Sosok Cupid Si Dewa Cinta

Jum'at, 12 Februari 2016 14:30
Mengenal Sosok Cupid Si Dewa CintaIlustrasi cupid @weloversize.com
Anda pasti sudah tahu seperti apa sosok Cupid. Ya, Cupid adalah salah satu simbol cinta yang ditampilkan dalam wujud anak-anak bersayap dan membawa busur dengan sebuah anak panah. Konon siapapun yang terkena panah Cupid maka mereka akan menjadi sepasang kekasih.

Cupid ternyata merupakan seorang dewa cinta yang berasal dari mitologi Romawi. Namun Cupid ini sendiri sudah muncul pada mitologi Yunani dengan nama Eros.

Dilansir dari History, salah satu tulisan pertama yang memuat tentang Eros berasal dari seorang bernama Hesiod dengan karangannya yang berjudul Theogony di tahun 700 sebelum masehi. Pada masa Yunani, Eros dihadirkan dengan bentuk seorang pemuda yang memiliki ketampanan abadi yang dapat memikat manusia dan dewa.

Berbeda dengan kebudayaan Romawi, Eros yang sudah berubah menjadi Cupid hadir dalam bentuk anak-anak yang ceria dan suka bermain. Bahkan pada saat ini sosoknya berubah menjadi semakin lucu dan menggemaskan dengan penampilan yang cukup gemuk.

Eros atau Cupid dianggap sebagai salah satu dewa yang abadi dan mampu mempermainkan perasaan yang dimiliki oleh manusia. Tak hanya manusia saja, dalam sebuah kisah Cupid ternyata juga mampu membuat seorang dewa jatuh cinta kepada yang lainnya dengan menembakkan anak panah yang dimilikinya.

Pada abad pertengahan, sosok cupid cukup populer dan terlibat dalam berbagai karya seni yang dibuat. Jika pada masa Yunani dan Romawi, cupid lebih banyak terlibat pada percintaan dewa-dewa maka di masa setelahnya terutama pada era Renaissance cupid juga diyakini terlibat dalam berbagai hubungan asmara yang ada di bumi.

Bahkan hingga era modern seperti ini, sosok Cupid si dewa cinta masih sangat diingat dan dipercaya sebagai dewa yang mampu menghadirkan cinta bagi sepasang kekasih.
(De)
Komentar