Rio Haryanto Gagal Berlaga di F1, Ini Alasannya

Jum'at, 12 Februari 2016 12:30
Rio Haryanto Gagal Berlaga di F1, Ini AlasannyaRio Haryanto @jpnn.com
Harapan pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto untuk tampil di ajang Formula 1 (F1) sepertinya akan segera sirna. Ada beberapa hal yang menjadi faktor utama dari kegagalan ini.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pihak yang menawarkan kesempatan kepada Rio, tim Manor bisa memberangkatkan Rio ke sirkuit F1 dengan syarat membayar 3 juta Euro sebagai uang muka. Namun, upaya pengumpulan dana ternyata memiliki banyak kendala.

1. Dana Kurang

Untuk membayar 3 juta Euro sangatlah sulit, terlebih sejauh ini Rio hanya mampu mengumpulkan 1 juta Euro. Untuk sekedar memenuhi uang muka saja ia masih kurang dana sekitar 2 juta Euro, bahkan setelah pihaknya sudah mondar-mandir mencari bantuan.

2. Pihak Pembantu Sulit Mencairkan dana

Jika pencairan lancar, dana yang dimiliki Rio sebenarnya sudah mencapai 11,8 juta Euro, secara detil dari Pertamina 5 juta Euro, dari Kemenpora melalui KONI 6,6 juta Euro, serta dari BUMN 0,2 juta Euro.

Namun alasan administratif dan berbelitnya aturan membuat pencairan dana tersebut menjadi tersendat dan kemungkinan melebihi tenggat waktu yang diberikan Manor.

3. Dana Kemenpora Dipermasalahkan

Mengingat dana dari Kemenpora berasal dari APBN 2016, dana tersebut tidak bisa dicairkan bulan Februari ini, melainkan Maret atau April mendatang. Sementara tenggat waktu yang diberikan Manor hanya sampai akhir Februari.

4. Dana Pertamina dan BUMN Cair setelah pemerintah

Pertamina maupun BUMN juga tidak bisa mencairkan dana bantuan mereka jika pemerintah tidak mengeluarkan bantuan Rp 100 miliar tersebut.
(mks)
Komentar