Satu Password untuk Banyak Akun Bikin Mudah Diretas

Jum'at, 12 Februari 2016 12:20
Satu Password untuk Banyak Akun Bikin Mudah DiretasIlustrasi @businessnewsdaily.com
Apakah Anda menggunakan banyak akun online? Jika iya, apakah Anda menggunakan password atau kata sandi yang sama? Berpikirlah dua kali ketika Anda ingin mempermudah mengakses banyak akun dengan password yang sama.

Pakar keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, "Itu bahaya sekali karena sekali tertebak satu password, artinya semua password tertebak dan tidak sulit untuk mencari alamat email yang digunakan untuk membuka akun Facebook."

Namun ia tidak menyalahkan pengguna yang memiliki banyak akun namun menggunakan password yang sama. "Karena terlalu banyak layanan yang tersedia, tentunya akan sulit sekali mengingat semua password untuk setiap layanan yang berbeda. Dan akhirnya, ada banyak orang yang menyamakan password untuk layanan yang berbeda," ujarnya.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan Alfons menyarankan agar pengguna internet meninggalkan kebiasaan menggunakan password yang sama karena hal itu akan memudahkan hacker untuk meretas banyak akun.

Alfons mengatakan, "Solusinya adalah menggunakan password manager. Jadi user hanya perlu mengingat 1 password master dan password manager ini yang akan mengingat semua kredensial layanan yang berbeda-beda ini. Sederhananya, password manager itu adalah program yang menyimpan semua kredensial akun kita."

Password manager menurut Alfons bisa didapat dengan mudah baik gratis maupun berbayar. "Itu gratisan semua. Tapi, ada juga yang berbayar, banyak yang gratis pula. Kalau saya, gunakan namanya Keepass Password safe. Itu bisa di Windows dan Android juga. Jadi databasenya bisa diakses dari komputer atau smartphone," tandasnya.
(mks)
Komentar