Dapat Cokelat Murah Saat Valentine? Ini Artinya

Minggu, 14 Februari 2016 07:00
Dapat Cokelat Murah Saat Valentine? Ini ArtinyaIlustrasi cokelat valentine @inspirationseek.com
Beberapa orang memang tak pernah mempersalahkan harga cokelat yang ia dapat saat hari Valentine tiba. Namun beberapa ada yang merasa tidak spesial lantaran dirinya hanya mendapatkan sebuah cokelat dengan harga murah dari seseorang.

Padahal sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mendapat cokelat murah adalah bukti bahwa iadianggap sebagai sosok spesial di hidupnya meski hanya sebatas teman.

Peneliti dari Universitas Florida, Yangping Tu, dari University of Chicago, Alex Shaw, dan dari Chicago Booth, Ayelet Fishbach, menjuluki perilaku ini dengan 'Friendly taking effect'.

"Perilaku ini berakar pada niat yang baik dan ramah, yaitu peduli terhadap orang terdekat," kata mereka, dikutip dari situs Daily Mail.

Enam puluh tiga mahasiswa disuruh mencicipi cokelat truffle gourmet. Mereka juga diminta memilih hadiah cokelat untuk dibagi-bagikan. Di paket A, pemenang akan menerima tujuh truffle dan orang lain menerima tiga truffle. Paket B, pemenang hanya menerima dua truffle dan orang lain menerima lebih banyak, enam truffle.

Ketika mereka tahu jika akan mencicipi truffle dengan seseorang yang mereka anggap sangat dekat, dua per tiga dari mahasiswa pria itu mati-matian mencari cokelat terbaik sekalipun tahu harganya murah.

Namun sebaliknya, mereka akan masa bodoh ketika tahu akan mencicipi truffle dengan wanita yang menurut mereka tidak begitu spesial. Dari penelitian ini mereka menemukan, pria tidak cuek ketika datang ke perayaan hari kasih sayang atau Valentine jika akan bersama-sama dengan orang terdekatnya.
(De)
Komentar