Penyebab Cinta Pertama Berkesan

Rabu, 10 Februari 2016 07:00
Penyebab Cinta Pertama BerkesanIlustrasi pasangan cinta pertama @thecollegecrush.com
Banyak orang percaya bahwa cinta pertama sangat berkesan sehingga sulit untuk dilupakan. Bahkan hal ini kadang membuat beberapa orang benar-benar tak dapat membuka hatinya untuk orang lain kembali setelah hubungan yang terjalin cukup lama kandas begitu saja.

"Mengapa jadi berkesan? Pertama, sebelumnya belum pernah mengalami itu. Sekalinya mengalami, terjadi perubahan di dirinya. Setiap ketemu gebetan selalu deg-degan," kata Clinical Psychologist 'Tiga Generasi' Tiara Puspita N., M.Psi, dikutip dari Liputan6.com.

Maka tak heran jika orang yang sedang mengalami cinta pertama sering susah tidur bahkan sulit melupakan momen-momen indah jatuh hati untuk pertama kali saat mereka kehilangan cinta pertamanya.

Menurut Tiara, baik sudah pacaran atau tidak yang namanya cinta pertama selalu berkesan. Bahkan bagi mereka yang tidak pacaran, juga akan mengalami sakit hati saat mengetahui cinta pertamanya menjalin hubungan asmara dengan orang lain.

"Apalagi yang sampai pacaran, sudah pasti sulit untuk melupakannya ketika putus. Soalnya, terlibat langsung dengan orang yang ditaksir. Sehingga ada interaksi yang memunculkan kesan-kesan dan memori berharga. Sehingga ketika putus, sulit melupakannya," kata Tiara menambahkan.

Pada umumnya, banyak sekali orang yang lebih sulit melupakan pacar dari cinta pertamanya dari pada pacar-pacar berikutnya setelah membuka hati untuk orang lain.

"Alasan lainnya sulit melupakan cinta pertama ketika jadi pacar adalah adanya aktivitas yang mereka lakukan saat pacaran. Kencan, menonton film di bioskop, dan hal-hal yang tidak pernah mereka alami," ujar Tiara.
(De)
Komentar