Perbedaan Ketok Magic Indonesia & Ala Jerman

Sabtu, 06 Februari 2016 15:40
Perbedaan Ketok Magic Indonesia & Ala JermanKetok magic atau perbaikan mobil penyok @youtube.com
Istilah 'Ketok Magic' di Indonesia memang sudah sangat populer. Bagi yang belum tahu, Ketok Magic adalah perbaikan bodi penyok yang dilakukan oleh bengkel.

Selain Ketok Magic sebenarnya juga ada cara lain yaitu paintless dent removal (PDR). Meski di Indonesia cara PRD ini sudah lama, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama yang sama yakni Ketok Majic. PDR sendiri mempunyai istilah yang cukup unik, yakni Ketok Magic ala Jerman.

Seorang yang ahli dalam bidang PDR, Rina mengatakan, "Memang nama ketok magic sudah melekat di masyarakat, jadi apa pun perbaikan bodi mobil tetap disebutnya ketok magic, meski di belakangnya ada embel-embel lain. Padahal, teknik kami dengan ketok magic konvensional sangat berbeda."

Pihak Rina mengaku selalu melakukan perbaikan di ruang terbuka dan bisa dilihat oleh konsumen. PDR atau ketok majic ala Jerman ini tidak perlu melakukan pengecatan ulang, bahkan tidak merusak cat asli.

Rina mengatakan, "Untuk ketok magic, perbaikan kebanyakan dilakukan dengan mencopot dan membongkar panel-panel mobi. Namun, dengan PDR, itu tidak harus dilakukan. Salah satunya karena adanya teknologi dent puller (perangkat vakum), jadi tidak melakukan dengan mengetok dari bagian dalam. Cukup dari luar saja."

Ia menambahkan jika pemilik mobil hanya perlu menunggu proses ketok magic modern ini sekitar 15 menit saja, paling lama adalah satu jam.

"Karena prosesnya seperti itu, cukup aman, maka pelanggan yang datang kebanyakan memang pemilik mobil-mobil mewah, yang sangat mengharapkan cat aslinya tidak rusak dan tetap orisinal," tandasnya.

(mks)
Komentar