7 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Sisa Semalam

Minggu, 07 Februari 2016 05:00
7 Bahaya Sering Konsumsi Makanan Sisa SemalamIlustrasi memanaskan makanan @webkesehatan.com
Sering kali ibu-ibu sengaja membuat masakan untuk makan malam dengan porsi lebih banyak agar besok paginya tidak lagi kerepotan untuk menyiapkan sarapan.

Padahal terlampau sering atau kebiasaan mengonsumsi masakan sisa semalam dapat berdampak buruk bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan sekalipun makanan tersebut telah disimpan dalam lemari es.

Berikut ada 7 bahaya yang telah mengintai kesehatan Anda karena terbiasa konsumsi makanan sisa semalam:

1. Keracunan makanan

Perlu Anda tahu bahwa suhu tertentu dalam makanan juga bisa menjadi penyebab bakteri tumbuh. Dan hal inilah yang bisa membuat Anda keracunan jika Anda mengonsumsi makanan sisa tersebut.

2. Gangguan pencernaan

Pertumbuhan bakteri tertentu dalam suatu makanan juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Bakteri ini biasanya tumbuh di dalam makanan sisa yang lupa untuk dimasukkan dalam kulkas.

Jadi, jangan pernah mengonsumsi makanan yang sudah basi atau kecut demi kesehatan tubuh Anda.

3. Naiknya asam lambung

Ternyata makanan sisa dapat memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Awalnya mungkin Anda tidak merasa bahwa hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh. Namun lama-kelamaan kesehatan pencernaan Anda bisa menurun karenanya.

4. Mual dan muntah

Pada makanan sisa merupakan makanan yang paling diincar bakteri penyebab penyakit. Apalagi bakteri merupakan sel yang tidak mudah dilihat oleh mata telanjang. Sehingga jika bakteri menghasilkan racun dan Anda mengonsumsinya maka Anda akan mengalami mual hingga muntah-muntah.

5. Diare

Hal ini terjadi karena bakteri yang mengontaminasi perut akan membuat Anda jadi keracunan dan menyebabkan diare. Terkadang diare tersebut akan semakin parah sehingga bisa membuat Anda mengalami dehidrasi.

6. Nyeri perut

Penyebab nyeri perut ini karena bakteri di dalam makanan sisa yang akan menyerang kesehatan pencernaan Anda dan menyebabkan terbentuknya gas serta kontraksi usus.

7. Demam

Makanan sisa bahkan dapat menyebabkan demam. Demam terjadi karena bakteri menyebabkan peradangan dalam tubuh dan membuat suhu tubuh Anda meningkat.

Jika Anda mengalami demam baik demam sedang maupun ringan, sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.
(De)
Komentar