Jokowi Pimpin Rapat Kabinet di Atas Kapal Saat Gerhana Matahari Total

Senin, 01 Februari 2016 16:50
Jokowi Pimpin Rapat Kabinet di Atas Kapal Saat Gerhana Matahari TotalGerhana Matahari Total @theguardian.com
Seperti yang dikabarkan sebelumnya, sekitar 11 Provinsi di Indonesia berkesempatan melihat fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 nanti.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan jika Gerhana Matahari Total ini akan terjadi rata-rata selama 2 menit, dan yang paling lama terjadi di Luwuk, Sulawesi Tengah dengan waktu 2 Menit 50 detik.

Fenomena langka ini sebelumnya juga pernah terjadi di Indonesia, tepatnya pada tanggal 11 Juni tahun 1083 silam. Untuk menyambutnya kembali, Kementerian Pariwisata pun siap mendukung kegiatan promosi hingga waktunya tiba.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar, Hari Untoro mengatakan, "GMT sudah dipersiapkan oleh Kemenpar, akan diintegrasikan dengan Kemenko Kemaritiman. Bisa dikatakan 89 persen kami sudah siap promosi hingga kegiatannya."

"Fenomena ini yang penting adalah media value karena dunia akan mengenal wilayah Indonesia," ujarnya lagi.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Iptek, dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman, Safri Burhanuddin mengatakan jika promosi fenomena langka itu sudah dilakukan mulai 2 tahun lalu. Sejak rapat koordinasi pertama yang digelar Juli 2015, diputuskan bahwa pincak kegiatan akan diselenggarakan di Bangka Belitung.

Yang lebih menarik kata dia, "Bahkan, ada rencana Presiden Jokowi akan memimpin sidang kabinet di atas kapal. Yang pasti, kami mengundang mahasiswa, pelajar, dan ilmuwan untuk ikut menyaksikan. Kemenpar sendiri akan mengkoordinasi yacht dari Singapura dan Malaysia untuk merapat ke Belitung."

(mks)
Komentar